Nikmat, Rasa Asem-Asem Tulang Kambing Dempel Bikin Ketagihan

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Berbicara tentang kuliner khas Bumi Wali, sebutan lain Kabupaten Tuban, banyak jenis olahan makanan sedap yang bisa disantap saat bersantai sendiri maupun bersama kawan, dan keluarga. Salah satunya masakan asem-asem Tulang Kambing yang ada di Dempel, Desa Sumberagung, Kecamatan Plumpang ini misalnya.

Asem-asem kambing dengan cita rasa yang lezat berpadu masam dari belimbing wuluh, rempah-rempah nan pas memanjakan setiap lidah, bisa dijumpai pada warung-warung makan sekitar Dusun Dempel, Sumberagung.

Salah satu pengunjung yang mampir di salah satu warung makan penyedia asem-asem kambing, Pradah mengaku sangat suka dengan olahan tulang kambing itu. Bahkan, tak jarang tiap minggu dirinya beserta teman-teman pun mampir untuk sekadar bersantap ria.

"Rasanya sedap. Bumbu-bumbunya pas, mantap, lezat. Minimal satu bulan sekali mampir ke Dempel sini," ungkapnya kepada blokTuban.com, Selasa (9/10/2018).

Pengunjung lain, Adi juga menuturkan hal senada. Cita rasa olahan sayur dan kuah berpadu tulang kambing dengan sedikit daging yang melekat, tak bisa membujuk bahwa rasa lezat sangat pantas dilabelkan pada masakan tersebut.

"Asem-asem ini nikmat, rasanya mantap. Ini jadi makanan favorit saya juga lho," terang lelaki asal Desa Klumpit, Kecamatan Soko itu.

Masalah harga, satu porsi masakan asem-asem tulang kambing relatif murah. Semangkuk porsi asem-asem, yang lengkap lezatnya bila dipadukan dengan nasi putih bercampur nasi jagung tak lebih dari Rp25.000 sekaligus hidangan minuman dingin. [feb/col]