16:00 . Usai Karantina di Natuna, Tiga Mahasiswa Asal Tuban Sampai di Kampung Halaman   |   15:00 . Kecelakaan Tunggal, Pemuda Kerek Meninggal Dunia   |   14:00 . Tantangan Industri Musik Kian Ketat, Produsen Musik Tuban Kini Rilis Lagu Lewat Sosmed   |   13:00 . Setiajit Jalan Sehat Bareng Belasan Ribu Warga   |   09:00 . Begini Kronologi Pemberhentian 29 Karyawan Versi PT Swabina Gatra   |   08:00 . Awal Tahun, Bank Jatim Salurkan Kredit Mikro Laguna Rp2 Miliar   |   08:00 . Awal Tahun, Bank Jatim Salurkan Kredit Mikro Laguna Rp2 Miliar   |   08:00 . Awal Tahun, Bank Jatim Salurkan Kredit Mikro Laguna Rp2 Miliar   |   08:00 . Awal Tahun, Bank Jatim Salurkan Kredit Mikro Laguna Rp2 Miliar   |   07:00 . 3 Cara Mudah Mengatasi Sakit Perut Setelah Makan Pedas   |   15:00 . Hujan Deras, Lingkungan ini Terendam   |   14:00 . Jatirogo Miliki Puskesmas Senilai Rp5 Miliar, Stunting Jadi Perhatian Bupati   |   13:00 . Santri TPQ di Tuban Membludak   |   12:00 . Kemiskinan di Tuban Masih 14,58 %   |   11:00 . Sudah 59 Sekolah Swasta Terima Hibah Miliaran Rupiah di Awal 2020   |  
Mon, 17 February 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Wednesday, 03 October 2018 15:00

MTs Negeri Tuban Kunjungi Pameran Gumregah

MTs Negeri Tuban Kunjungi Pameran Gumregah

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Selain memiliki makna sebagai kebangkitan bersama sekaligus tolak ukur dalam pandangan Kota Tuban di masa depan melalui kesenian, Pameran Seni Tupa Tuban Gumregah juga dapat sebagai tambahan motivasi belajar para generasi muda yang masih berproses, baik dalam konteks umum, mahasiswa, sampai pelajar.

Seperti yang terlihat Rabu (3/10/2018) siang tadi misalnya. Sejumlah murid dari Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 1 Tuban tengah berbondong, memadati pameran seni rupa yang dipusatkan di Gedung Budaya Loka Tuban.

Kedatangan mereka secara serentak adalah dalam rangka study ekspansi seni budaya, dengan memaksimalkan agenda pameran yang rutin tiap tahun diadakan dalam bingkai Tuban Art Festival (TAF) oleh Dewan Kesenian Tuban (DKT).

"Senang sekali bisa berkunjung dan belajar kesini. Ini baru pertama kali kesini, dan dapat tugas kesenian dari guru kita," ucap Eka Nur S, salah satu siswi kelas VIII B MTs Negeri Tuban.

Dia juga mengaku baru pertama kali mendatangi pameran seni rupa di Budaya Loka itu. Adapun agenda serupa, namun dikemas lebih minimalis digiatkan oleh sekolah, yakni pameran seni. Akan tetapi, pengalaman datang dan bertemu langsung dengan pelukis maupum pencipta karya seni adalah kegembiraan tersendiri bagi dia beserta kawannya.

"Jadi disini kita lihat karya seni dan memotretnya. Kemudian, dikumpulkan data gambar dengan judul dan nama pembuat karya," tambahnya.

Senada yang dipaparkan oleh Labibah Nadia A, gadis berusia 15 tahun itu mengaku jika sangat suka dan betah berada dal pameran seni rupa Gumregah tersebut. Banyak karya seni lukis jenis digital painting, Abstrak, Ekspresionis, Kaligrafi, Lanskap, hingga seni patung dam instalasi bisa dipelajarinya dari sana.

"Jadi pengen busa buat lukisan dan seni rupa semacam ini. Semoga tahun depan bisa ada lagi, dan lebih bagus," ungkap siswi yang kerap disapa Labibah itu.

Salah satu seniman perupa lukis, Robert Santari mengaku bangga dan mengapresiasi siswa-siswi yang telah berkunjung ke pameran. Kegiatan positif dalam pbelajaran seni budaya daerah dengan dipadukan study ekspensi, akan membawa dampak wawasan seni rupa yang lebih bagi peserta didik.

"Mereka akan tahu dunia kesenian, khususnya lukis. Kunujungan meteka adalah nilai edukasi yang harus sering digiatkan. Sebab, kunjungan anak-anak ini bisa membangun apresiasi seni lukis jangka panjang," jelas Robert kepada blokTuban.com. [feb/ito]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : gumregah, pameran, seni, rupa, pelajar



Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Friday, 17 January 2020 12:00

    Poling blokTuban.com Menganulir Suara Ganda oleh Robot

    Poling blokTuban.com Menganulir Suara Ganda oleh Robot Sistem polling yang diadakan blokTuban.com mulai Kamis (16/1/2020) kemarin, untuk mengukur partisipasi pembaca terkait sosok Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Tuban mendeteksi keberadaan bot/robot yang memilih lebih dari satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more