12:00 . Besok Masuk Tahapan Pendaftaran Bakal Calon   |   09:00 . BMKG: Equinox, Fenomena Biasa, Masyarakat Dihimbau Tenang   |   08:00 . Dua Hari Lagi TMMD Ke-104 Tuban Ditutup   |   07:00 . Tips Karier: Lakukan 5 Cara Ini Agar Sukses Jadi Girl Boss   |   15:00 . Tersangka Penggelapan Bantuan Sapi di Tuntut 1,5 Tahun Penjara   |   14:00 . Cari Bibit Atlet, PO Cabang Tuban Gelar Kompetisi Antar Ranting   |   12:00 . Suksesi Pemilu di Tuban, KPU Gelar Konser Musik.   |   11:00 . 129 Bidang Lahan Warga Selesai Dipatok untuk Kilang Tuban   |   09:00 . Camat Hendro Pensiun, Sempat Bercita-Cita Jadi Hansip   |   08:00 . Refresing Bersama Kader Kesehatan Kecamatan Jenu   |   07:00 . Manfaat Berhubungan Intim Selama 30 Hari   |   17:00 . Belum 3 Bulan, Ada 7 Kasus Kekerasan Terhadap Perempuan   |   16:00 . Bulog Belum Bisa Terima Beras Dari Petani, ini Alasannya...   |   15:00 . Nuansa Klasik Santai, Ngopi Nongkrong Tanjung Sari   |   14:00 . Masyarakat Sekitar TPPI Rutin Dapat Pengobatan Gratis   |  
Mon, 25 March 2019
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Wednesday, 03 October 2018 15:00

MTs Negeri Tuban Kunjungi Pameran Gumregah

MTs Negeri Tuban Kunjungi Pameran Gumregah

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Selain memiliki makna sebagai kebangkitan bersama sekaligus tolak ukur dalam pandangan Kota Tuban di masa depan melalui kesenian, Pameran Seni Tupa Tuban Gumregah juga dapat sebagai tambahan motivasi belajar para generasi muda yang masih berproses, baik dalam konteks umum, mahasiswa, sampai pelajar.

Seperti yang terlihat Rabu (3/10/2018) siang tadi misalnya. Sejumlah murid dari Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 1 Tuban tengah berbondong, memadati pameran seni rupa yang dipusatkan di Gedung Budaya Loka Tuban.

Kedatangan mereka secara serentak adalah dalam rangka study ekspansi seni budaya, dengan memaksimalkan agenda pameran yang rutin tiap tahun diadakan dalam bingkai Tuban Art Festival (TAF) oleh Dewan Kesenian Tuban (DKT).

"Senang sekali bisa berkunjung dan belajar kesini. Ini baru pertama kali kesini, dan dapat tugas kesenian dari guru kita," ucap Eka Nur S, salah satu siswi kelas VIII B MTs Negeri Tuban.

Dia juga mengaku baru pertama kali mendatangi pameran seni rupa di Budaya Loka itu. Adapun agenda serupa, namun dikemas lebih minimalis digiatkan oleh sekolah, yakni pameran seni. Akan tetapi, pengalaman datang dan bertemu langsung dengan pelukis maupum pencipta karya seni adalah kegembiraan tersendiri bagi dia beserta kawannya.

"Jadi disini kita lihat karya seni dan memotretnya. Kemudian, dikumpulkan data gambar dengan judul dan nama pembuat karya," tambahnya.

Senada yang dipaparkan oleh Labibah Nadia A, gadis berusia 15 tahun itu mengaku jika sangat suka dan betah berada dal pameran seni rupa Gumregah tersebut. Banyak karya seni lukis jenis digital painting, Abstrak, Ekspresionis, Kaligrafi, Lanskap, hingga seni patung dam instalasi bisa dipelajarinya dari sana.

"Jadi pengen busa buat lukisan dan seni rupa semacam ini. Semoga tahun depan bisa ada lagi, dan lebih bagus," ungkap siswi yang kerap disapa Labibah itu.

Salah satu seniman perupa lukis, Robert Santari mengaku bangga dan mengapresiasi siswa-siswi yang telah berkunjung ke pameran. Kegiatan positif dalam pbelajaran seni budaya daerah dengan dipadukan study ekspensi, akan membawa dampak wawasan seni rupa yang lebih bagi peserta didik.

"Mereka akan tahu dunia kesenian, khususnya lukis. Kunujungan meteka adalah nilai edukasi yang harus sering digiatkan. Sebab, kunjungan anak-anak ini bisa membangun apresiasi seni lukis jangka panjang," jelas Robert kepada blokTuban.com. [feb/ito]

Tag : gumregah, pameran, seni, rupa, pelajar

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 04 March 2019 08:00

    Pondok Literasi

    Pondok Literasi Saat ini lagi gencar-gencarnya gerakan litersai. Di mana-mana ada komunitas baca, tadarus puisi dan dan bedah buku, yang arahnya untuk menumbuhkan cinta membaca. Baru sebagian kecil kegiatan di Kabupaten...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 09 February 2019 13:00

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp Sehubungan dengan maraknya kembali modus penipuan rekrutmen Holcim yang beredar lewat akun media sosial WhatsApp, masyarakat di Kabupaten Tuban, Jawa Timur dan sekitarnya diminta waspada. Semua pihak harus lebih hati-hati,...

    read more