Ini Kata BPBD Tuban Soal Gempa Blitar

Reporter: Sri Wiyono

blokTuban.com – Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban Joko Ludiyono meminta warga Tuban untuk tetap tenang. Gempa yang terjadi di Kabupaten Blitar tidak berpengaruh sampai Tuban.

‘’Titik episentrum atau pusat gempa berada di laut selatan. Kita di pesisir pantau utara,’’ ujar Joko Ludiyono, Senin (1/10/2018).

Meski demikian, warga diminta waspda dengan cuaca yang masih belum menentu. Angin kencang masih sering bertiup, sehingga masih rawan ada pohon dan benda-benda lain roboh. Termasuk dampak kekeringan dan potensi kebakaran. Terkait dengan gempa, sampai saat ini Badan Metorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) belum mengeluarkan peringatan terkait dengan pantai utara.

‘’Warga diharap tenang, namun tetap waspada terhadap lingkungan,’’ tambahnya.

Menurut mantan Camat Widang ini, gempa bumi berkekuatan 4,4 Magnitudo memang mengguncang Blitar, Jawa Timur. Gempa mempunyai kedalaman 10 kilometer.
‘’Berdasarkan informasi dari Twitter resmi BMKG, gempa terjadi Senin (1/10/2018) pukul 05.46 WIB. Pusat gempa berada di 97 kilometer Barat Daya Blitar. Dan ini tidak berpengaruh ke Tuban,’’ tandasnya.[ono]