16:00 . Ketua Umum Demisioner Janjikan Pembuatan KTA Mulai Besok   |   15:00 . Harga Cabai Melonjak Tajam, Masyarakat Resah   |   14:00 . Larung Abu di Laut   |   13:00 . Di Tuban Ada 187 Kasus Kekerasan Perempuan dan Anak   |   12:00 . Peserta Teatrikal Distop Polisi Saat Kenakan Seragam Mirip Polwan   |   11:00 . Aktivis Tuban Desak RUU Penghapusan Kekerasan Seksual Disahkan   |   10:00 . Abu Jenazah Warga Malang Dilarung di Laut Tuban   |   09:00 . BPD Mendapat Bimtek   |   08:00 . Semen Indonesia Ajak Cintai Lingkungan Lewat Mading   |   07:00 . Jangan Makan 4 Bagian Ayam Berikut Demi Kesehatan   |   22:00 . Hasil Klasemen Liga 2 Indonesia Jatim   |   20:00 . Upayakan Air Bersih, PRKP Adakan 2 Sumur Bor di Grabagan   |   19:00 . Razia Karaoke Ilegal, 3 PL Diamankan   |   18:00 . Selama Porprov, Pengunjung Wisata Capai 12 Ribu Lebih   |   17:00 . Awal Pembentukan Komisariat, IPNU-IPPNU Soko Beri Materi Kepemimpinan   |  
Thu, 18 July 2019
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Saturday, 22 September 2018 15:00

Wisata Religi Jadi Kontributor Besar di Tuban

Wisata Religi Jadi Kontributor Besar di Tuban

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Sebagai peraih juara 3 terbaik di Jawa Timur (Jatim) pada segi kunjungan wisata terbanyak tahun 2017 lalu, Kabupaten Tuban memiliki banyak potensi destinasi wisata menarik. Hampir diberbagai wilayah kecamatan se-Kabupaten Tuban memiliki karakteristik spot wisata tersendiri.

Umumnya, jenis-jenis wisata dibedakan menjadi 3 macam, yakni wisata budaya, wisata alam, dan wisata buatan. Semua jenis wisata tersebut ada banyak, dan relatif mudah dijumpai oleh wisatawan umum. Meski begitu, dari 30 lebih destinasi wisata di Bumi Wali, sebutan lain kota Tuban, wisata budaya lah yang tercatat paling tinggi pengunjungnya.

Jenis wisata religi atau ziarah maqom yang termasuk wisata budaya, dimana dalam hal ini adalah tokoh penyebar agama Islam di Tuban masih menjadi dominasinya. Data yang dihimpun blokTuban.com bersumber dari Dinas Pariwisata, Budaya, Pemuda, dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Tuban menunjukkan, tercatat setidaknya 82% dari jumlah 5,8 juta pengunjung per tagun di Tuban didominasi wisata religi.

"Paling banyak ya destinasi wisata religi Sunan Bonang Tuban dan Syekh Maulan Ibrahim Asmoro Qondi yang menyumbang sebagai tempat tertinggi kunjungan wisata," ungkap Suwanto selaku Kasi Pariwisata Disparbudpora Kabupaten Tuban.

Diterangngkannya lagi, jika dituangkan dalam nilai persentase, lebih dari 2,5 juta wisatawan dari segala penjuru tumpah ruah disana per tahunnya. Sisanya, destinasi wisata desa maupun wisata desa lah yang ada dibelakangnya sebagai pendukung tambahan.

Seperti yang diketahui, Pantai Kelapa yang berada di Panyuran baru saja 2 tahun berjalan, Sendang Asmoro yang ada di lingkup pemerintahan Desa Ngino, Kecamatan Semanding, juga obyek-obyek wisata lama, seperti Air Terjun Nglirip terus difasilitasi demi meratakan angka dan minat pengunjung.

Terlebih lagi, potensi kelautan yang dibarengi sajian pantai khas pesisir utara Tuban belum teraudit dengan baik. Pantai Kute misalnya. Bukan Kute di Bali, melainkan pantai Kulon (barat) Terminal Tuban yang belum terkelola dengan baik, juga Pantai Pasir Putih Remen-Jenu yang sebelas dua belas nasibnya.

"Kita sengaja tidak mencatat semua, karena ada keterbatasan teknis. Seperti Pantai Kute yang baru dikelola satu tahun belakangan, Pantai Pasir Putih Remen juga belum menerbitkan karcis masuk, hanya sekedar tarif parkir dan kebersihan saja yang memungkinkan," terangnya panjang lebar.

Lebih lanjut, pihaknya berasumsi jika semua wisata, baik yang berbasis budaya, alam, maupun wisata buatan terstruktur dengan baik dan benar, akan sangat menunjang bagaimana pariwisata Tuban dapat eksis besar.

"Sebetulnya kalau dua tempat itu dicatat, angka kunjungan bisa lebih dari 7 juta per tahun. Dan mungkin, peringkat tertinggi Jatim bisa mudah kita raih," pungkasnya. [feb/ito]

Tag : wisata, religi, tuban

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Monday, 15 July 2019 16:00

    blokTuban.com Resmi Terverifikasi Dewan Pers

    blokTuban.com Resmi Terverifikasi Dewan Pers Media blokTuban.com mulai Senin (15/7/2019) resmi terverifikasi administrasi di Dewan Pers. Hal ini membuktikan bahwa portal media online ini, produk beritanya terpercaya dan mencerdaskan publik....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 21 April 2019 08:00

    Warisan Sejarah di Bumi Wali

    Warisan Sejarah di Bumi Wali Di Tuban banyak sekali wahana wisata yang memang sudah menjadi tujuan para wisatwan domestik maupun non domestik. Namun, sebenarnya bagaimana sih sejarah wisata yang ada di ujung barat Provinsi Jawa...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 09 February 2019 13:00

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp Sehubungan dengan maraknya kembali modus penipuan rekrutmen Holcim yang beredar lewat akun media sosial WhatsApp, masyarakat di Kabupaten Tuban, Jawa Timur dan sekitarnya diminta waspada. Semua pihak harus lebih hati-hati,...

    read more