Tips Sehat saat Cuaca Ekstrim

Repoter: Nidya Marfis H.

bloktuban.com - Musim kemarau yang sedang terjadi saat ini membuat tubuh kita renta terhadap penyakit tertentu. Terlebih perbedaan suhu ekstrim yang terjadi dari siang yang panas dan malam hari yang sangat dingin.

Untuk itu kabid Dinas Kesehatan Pencegahan dan pengendalian penyakit, dr. Atiek Supartiningsih memberikan tips agar kita terhindar dari penyakit saat cuaca ekstrim yang terjadi saat ini.

Atiek mengungkapkan, ahkir-ahkir ini memang cuaca sedang ekstrim dan orang-orang yang kurang memperhatikan kesehatannya pastinnya akan mudah terkena penyakit seperti batuk, flu dan badan meriang.

"Untuk terhindar dari penyakit di musim yang ekstrim ini ayo mulailah memperhatikan kesehatan bagi orang-orang yang cuek terhadap kesehatanya, karena sehat itu hal terpenting di dalam hidup kita, mari kita lakukan istilahnya CERDIK," ungkapnya.

Cerdik sendiri merupakan singkatan, C: Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin aktivitas fisik, Diet sehat dengan kalori seimbang, Istirahat cukup dan Kelola stres. Jika Cerdik dijalankan dengan baik maka akan terhindar dari penyakit apa pun itu.

*Cek kondisi kesehatan secara berkala, termasuk berat dan tinggi badan sampai kadar gula darah, kolesterol dan tekanan darah. Cek kesehatan rutin sudah bisa dimulai sejak usia 15 tahun, setahun sekali, untuk mendeteksi risiko terhadap penyakit. Jika sudah berisiko penyakit kronis, baiknya periksakan kesehatan lebih sering.

*Enyahkan asap rokok dan berhenti merokok. Rajin melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit dalam sehari, seperti olahraga, berjalan kaki, membersihkan rumah. Lakukan aktivitas fisik dengan teratur.

*Diet dengan gizi seimbang, konsumsi makanan sehat, makan buah sayur yang cukup, hindari makanan manis yang berlebihan dan minuman berkarbonasi.

*Istirahat yang cukup, pastikan mendapatkan tidur yang cukup dalam sehari, setidaknya tidak kurang dari tujuh atau delapan jam.

*Kelola stres dengan baik. Prinsip Cerdik juga dapat sekaligus meminimalisir atau bahkan membatalkan faktor risiko penyakit kronis yang sudah dimiliki, misalnya tekanan darah tinggi atau gula darah tinggi.

"Cukup kita menanamkan dan menjalakan Cerdik ini pada diri kita, InsyaAllah semua penyakit akan menjauh dari kita tanpa minum suplemen sekalipun," ungkap Atiek. [nid/rom]