KPU Tuban Coret Ratusan Daftar Pemilih Ganda

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban, Kamis (13/9/2018) menggelar rapat pleno terbuka penetapan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPT-HP) pemilu tahun 2019.

Pada rapat pleno tersebut KPU Kabupaten Tuban mencoret sebanyak 173 pemilih yang telah ditetapkan dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada pemilihan umum (Pemilu) tahun 2019 sebelumnya.

Penghapusan ratusan DPT tersebut sesuai dengan hasil temuan dari Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) pusat yang menemukan jutaan daftar pemilih ganda, salah satunya di Kabupaten Tuban.

Ketua KPU Kabupaten Tuban, Kasmuri mengatakan, rapat pleno terbuka ini untuk menetapkan DPT hasil perbaikan sebagai tindak lanjut hasil kesepakatan antara KPU dan Bawaslu, serta Partai Politik di tingkat pusat untuk menyempurnakan DPT.

Menurutnya, setelah dilakukan verifikasi faktual oleh Bawaslu dan KPU Kabupaten Tuban ditemukan sebanyak 334 pemilih ganda.

“Saat ini adalah hari terakhir penyempurnaan DPT ditingkat kabupaten. Setelah kita lakukan koordinasi bersama ditemukan sebanyak 334 pemilih ganda, dan kita menyepakati melakukan penghapusan sebanyak 173 pemilih,” terang Kasmuri.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Tuban Bidang Pengawasan dan Penindakan, M Arifin mengatakan, jumlah DPT itu bersifat dinamis dan dapat berubah setiap waktu karena adanya penambahan dan pengurangan jumlah pemilih, baik pemilih yang belum terdaftar atau pemilih yang meninggal dunia.

Sehingga pihaknya terus memantau perkembangan pemilih hingga di tingkat kecamatan sampai mendekati masa pemilihan mendatang.

“Data ini telah sesuai dari temuan bawaslu pusat dan ditindaklanjuti petugas ditingkat kecamatan. Ada tiga komponen yang membuat DPT ganda yakni, NIK, nama, dan tanggal lahir,” jelas M. Arifin.

Diketahui, KPU bersama Bawaslu Kabupaten Tuban telah menetapakan sebanyak 934.444 pemilih dalam pemilu tahun 2019 beberapa waktu lalu. Setelah dilakukan perubahan total sebanyak 934.271 pemilih yang telah ditetapkan sebagai DPT, dengan rincian 461.065 pemilih laki-laki dan sisanya 473.206 pemilih perempuan.[hud/col]