Tiga Orang Tagana Tuban Dikirim ke Lombok, ini Kegiatannya

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Enam hari yang lalu, tepatnya Rabu (15/8/2018) tiga orang anggota Taruna Tanggap Bencana (Tagana) Tuban dikirim ke lombok. Mereka adalah M. Rajab Alawi (Tim Layanan Dukungan Psikososial) MH. Athoillah (Tim Shelter) dan Sutarno (Tim Dapur Umum).

Ketiga personel delegasi Tagana Tuban merupakan orang-orang pilihan dan terlatih. Sehingga diharapkan dapat membantu meringankan beban penderitaan korban gempa bumi di wilayah terdampak.

Dari informasi yang berhasil dihimpun blokTuban.com dari sekretaris Tagana Tuban menyebutkan, mereka turut aktif dalam kegiatan penguatan dan pendampingan penangan pada korban gempa.

"Beberapa layanan dukungan psikososial (LDP) mereka terlibat, termasuk dalam momen Agustusan untuk membuat para pengungsi baik dewasa maupun anak-anak untuk bisa ceria kembali," ujar Sekretaris Tagana Tuban, Ahmad Isful Fuadi kepada blokTuban.com, Selasa (21/8/2018).

Selain itu, dalam rangka misi kemanusiaan lombok hari ini, layanan dapur umum (DU) untuk pemenuhan kebutuhan dasar, mereka ikut meyiapkan makan pagi dan sore sebanyak 3369 porsi.

"Tagana juga melakukan pendekatan kepada penyintas untuk bersama-sama mendirikan dapur swadaya, swakelola sehingga diharapkan penyintas melakukan aktifitas untuk pengurangan beban psikologi yang diakibatkan susulan gempa yang bertubi-tubi," ucapnya menambahkan.

Untuk sasaran anak-anak pihak Tagana juga melakukan permainan ataupun cerita yang dapat menghibur. "Untuk mengalihkan suasana belajar mengajar yang libur total karena bangunan sekolahan banyak yang retak bahkan roboh, Tagana mengajak anak-anak bercerita sambil menghibur," pungkas Fuad. [rof/ito]