Stok Cabai Minim, Pedagang Datangkan Cabai dari Luar Daerah

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Beberapa minggu terakhir ini stok cabai di Kabupaten Tuban terus mengalami penurunan. Tak pelak kondisi tersebut membuat para pedagang cabai di pasar baru Tuban menyetok cabai dari distributor luar daerah.

Salah satu pedagang, Tomo mengatakan, mulai beberapa minggu ini banyak pedagang yang mengambil stok cabai dari distributor luar daerah, seperti halnya dari Pare, Kediri, Jombang serta Nganjuk.

Hal itu dikarenakan stok cabai lokal sedikit lantaran massa panen raya telah berlangsung beberapa bulan yang lalu. Di samping itu, harga cabai dari daerah lain juga cenderung murah.

"Stok cabai ini dari luar Tuban, karena massa panen cabai di Tuban sudah habis," kata salah satu pedagang cabai Tomo kepada blokTuban.com, Selasa (21/8/2018).

Dia juga menambahkan, untuk saat ini harga cabai yang dijual di pasar cukup murah, cabai jenis rawit merah dijual seharga Rp20.000 per kilogram, cabai kriting Rp15.000 per kilogram dan cabai rawit hujau hanya Rp10.000 per kilogram.

Hal senada juga diungkapkan oleh pedagang lain Rumiyatun (44), menurutnya cabai yang dijual di pasar ini merupakan kiriman dari distributor luar kabupaten Tuban dan harganya juga cukup murah dibandingkan harga cabai lokal.

"Sekarang srmua jenis cabai harganya murah, hal ini sudah sejak beberapa minggu yang lalu," pungkasnya.[hud/col]