Reporter: Mochamad Nur Rofiq 

blokTuban.com - PT Pertamina EP Asset 4 dalam menjaga ketersediaan energi nasional akan terus mencari cadangan minyak dan gas bumi (Migas) di wilayah kerjanya. Pencarian di beberapa titik sudah selesai dilakukan di semester awal tahun ini, sisanya akan segara dieksekusi di semester berikutnya. 

Asset 4 Goverment & Public Relation Assistent Manager PT Pertamina EP, Panji Galih Anoraga kepada blokTuban.com menuturkan selama 2018, PT Pertamina EP Asset 4 menargetkan bisa menemukan cadangan migas di 2 titik. Namun oleh SKK Migas ditambah 2 sumur lagi. 

"Target tahun 2018 ada 2 yaitu Tapen di Tuban dan NKT di Blora. Kemudian ada tambahan target dari SKK Migas 2 sumur yaitu di wilayah Kawengan Bojonegoro dan Banyuasin Blora," kata Pandji, sapaan akrabnya, Kamis (16/8/2018).

Ketika ditanya soal realisasi, pihaknya menyebut baru satu sumur yang dibor, yakni di wilayah Tapen, Sidoharjo, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Sementara tiga sumur lainnya akan dikerjakan di semester kedua. 

"Saat ini, satu titik sudah ditemukan dan tiga lainnya akan diselesaikan pada semester kedua tahun ini," ucapnya menandaskan. 

Sedikit diketahui, sekala Nasional Pertamina akan mencari cadangan di Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera dengan masing-masing satu titik. Namun, di Pulau Sulawesi ada dua titik. 

Adapun selama semester I tahun 2018, kegiatan pengeboran sumur eksplorasi seluruh kontraktor migas di Indonesia hanya terealisasi 11 sumur. Padahal target tahun ini 104 sumur. [rof/ito]