Panen Raya, Warga Mlangi Giat Panen Bareng Bupati

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Meskipun menghadapi musim kemarau, sebagian petani di beberapa wilayah Kecamatan Kabupaten Tuban masih bisa melakukan panen raya padi secara lancar. Salah satunya para warga petani di Desa Mlangi, Kecamatan Widang.

Sekitar pukul 08.30 WIB, warga setempat melakukan panen raya yang juga turut dihadiri Bupati Tuban, Fathul Huda, Kadistan Tuban Murtadji, Kepala UPTD Pertanian Widang H. Ashari, Forpimka Widang, Kepala Desa Mlangi, Kepala Desa Sumberjo, Kepala Desa Kujung di sekitar pematang sawah Desa Mlangi.

Dalam sambutannya, Bupati Tuban menyampaikan bahwa pemerintah telah memberikan subsidi kepada Petani Cerdas berikut teknologi canggihnya.

"Saat ini, pemerintah berikan subsidi kepada petani cerdas," kata Bupati dihadapan para tamu undangan, Sabtu (4/8/2018)

Ditambahkan Buleati asal Kecamatan Montong itu, pada sektor pertanianlah yang paling banyak menyerap tenaga kerja. Diharapkan adanya subsidi dan kecanggihan teknologi, bisa memperluas lahan pertanian, dan meningkatkan sumber daya manusia, terkhusus petani.

"Petani juga harus berupaya untuk bisa panen lebih dari sekali dalam setahun," jelasnya lagi.

Sementara itu, dalam giat panen raya tersebut, Camat Widang, Sartono mengungkapkan, sektor pertanian di Widang mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Meskipun beberapa waktu lalu mengalami masalah, yakni wilayah Bunut hampir mengalami kekeringan, namun berkat kegigihan dan sinergitas Tiga Pilar bisa teratasi dengan baik.

"Alhamdulillah, Widang dalam sektor pertanian ada peningkatan dibanding tahun lalu. Adanya sinergi Tiga Pilar bisa mengatasi semuanya," beber Camat Widang. [feb/ito]