Pertamina MOR V Serahkan Bantuan Infrastruktur Perpustakaan

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Pertamina Marketing Operation Region (MOR) V menyerahkan bantuan peningkatan infrastruktur perpustakaan untuk sekolah dan desa-desa di sekitar Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) di Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban.
Bantuan peningkatan infrastruktur perpustakaan diberikan melalui Yayasan Nurul Qur'an Kedungjambangan.

Tempat yang mendapat bantuan di antaranya: balai Desa Remen, balai Desa Tasikharjo, Sekolah Dasar Negeri Remen I, Sekolah Dasar Negeri Remen II, Sekolah Dasar Negeri Tasikharjo, SMK Mambail Futuh Jenu, dan MTs Mambail Huda Jenu.
Manajer Program Peningkatan Infrastruktur Perpustakaan Desa dan Sekolah, Edy Purnomo, mengatakan bantuan yang disalurkan berupa buku beserta rak, seperangkat komputer, printer dan scan, barcode, papan struktur organisasi dan juga papan nama perpustakaan.

"Itu adalah perlengkapan yang dibutuhkan untuk meningkatkan infrastruktur perpustakaan," kata Edy, Rabu (11/7/2018).

Manager Communication & CSR MOR V Rifky Rakhman Yusuf, berharap infrastruktur yang diberikan Pertamina untuk sekolah dan desa bisa dimanfaatkan dengan baik. Agar minat baca dan budaya literasi juga bisa tumbuh di lingkungan pedesaan.
"Pertamina peduli dengan pendidikan dan tumbuhnya minat baca di tengah masyarakat," kata Rifky.

Untuk itulah, sebelum memberikan bantuan peningkatan infrastruktur perpustakaan, Pertamina terlebih dulu memberikan pelatihan dan pendampingan untuk tenaga keperpustakaan melalui program Pertamina Peduli Literasi (Pertalit). Supaya alat-alat yang diberikan bisa langsung dimanfaatkan oleh sekolah ataupun desa ketika sudah diberikan.
"Semoga bisa dimanfaatkan dengan  baik," jelasnya.

Kepala SDN Remen 1 Sunarsih penerima manfaat program ini mengatakan, sekolahnya seelumnya belum punya perpustakaan. Sehingga bantuan itu merupakan hal yang sangat dibutuhkan di lembaga yang dia pimpin.

"Alhamdulillah kami akhirnya punya perpustakaan,’’ ujar Sunarsih. 

Sebelumnya, dua petugasnya mendapatkan pelatihan oleh Pertamina. Kemudian dilanjutkan bantuan infrastruktur perpusatakaan. Dengan buku dan peralatan elektronik perpustakaan yang diberikan, bukan hanya punya perpustakaan manual. Namun, langsung punya perpustakaan modern dengan serba digital. [hud/ono]