Persiapan Haji di Tuban Fokus Pada Manasik

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban, Umi Kulsum mengatakan, persiapan jemaah haji 2018 hampir final. Saat ini, mereka tengah mengikuti manasik haji tahap ke dua, yakni di beberapa Kantor Urusan Agama (KUA) yang ditunjuk oleh Kemenag.

"Para calon jemaah saat ini tengah menjalani manasik KUA di 13 kecamatan," terang Umi Kulsum kepada blokTuban.com, beberapa waktu lalu.

Manasik haji di tingkat KUA selama enam hari, mulai 23 Juni hingga 7 Juli 2018. Selanjutnya, akan dilakukan pembinaan ketua regu dan ketua rombongan selama dua hari pada tanggal 11/12 Juli mendatang.

"Baru tanggal 17 Juli, ada manasik massal yang terakhir sekaligus praktek dan pembinaan bupati," beber Nahkoda Pimpinan Cabang Fatayat NU Tuban ini.

Data yang berhasil dihimpun blokTuban.com menyebutkan, tahun ini jumlah calon jemaah haji Tuban berjumlah 1013 orang. Mereka akan didampingi petugas kloter yang terdiri dari 3 orang Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI) dan 3 orang Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI), serta 9 orang Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI). [rof/ito]