Blusukan, Pemdes Socorejo Mencari Berkah di Ring 1 Semen Indonesia

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Mengaharap berkah dari bulan suci Ramadan, Pemerintah Desa Socorejo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban santuni puluhan anak yatim di wilayahnya. Dengan blusukan ke penjuru desa, kepala desa setempat menyerahkan santunan sekaligus meninjau hasil renovasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang telah dilakukan.

Kepada blokTuban.com, Kepala Desa Socorejo, Arief Rahman Hakim menuturkan, bantuan yang sangat sederhana ini diharapkan bisa meringankan beban hidup warganya. Apalagi mendekati peeayaan hari raya Idul Fitri dengan penuh kebahagiaan.

"Kita mulai dari Dusun Karangdowo Timur, selanjutnya akan diteruskan pembagian santunan untuk anak yatim di wilayah Karangdowo Bagian Tengah dan Barat. Semoga bermanfaat bagi penerima," kata Kang Arief sapaan karibnya.

Informasi yang dihimpun blokTuban.com menyebutkan, bantuan tunai dari Pemdes Socorejo ini menyasar 46 anak yatim. Sumber dana yang dikeluarkan berasal dari tim 9 dan uang pribadi Kades.

Pihaknya berharap, penerima jangan memandang nominal besaran bantuan yang hanya Rp100 ribu itu. Namun lebih pada nilai kepedulian Pemdes Socorejo terhadap warganya.

Mantan Aktivis PMII Yogyakarta ini menegaskan, langkah kecil ini, diharapkan tidak dimaknai pamer atau pencitraan. Namun semata-mata demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat Socorejo.

"Ini komitmen kami untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa ring 1 Semen Indonesia (SI)," tandas Kang Arief.

Satu di antara 46 anak yatim penerima santunan, Nanda mengucap terima kasih kepada pemerintah desanya. Dengan rasa tidak menyangka, anak ini bisa lebaran lebih meriah.

"Terimakasih buat santunan yang diberikan Kang Arief dan Pemdes, yang rela ke rumah. Dengan santunan ini tentu sangat membantu," katanya dengan raut muka bahagaianya.

Begitupula, penerima program RTLH di Dusun Karangdowo, Kimpul, keluarga pra sejahtera ini merasa bersyukur atas kepedulian Pemdes Socorejo. Dengan renovasi ini, rumahnya kini nyaman untuk ditempati sambil menyambut hari raya tiba.

"Sekarang rumah saya sudah nyaman dan aman," pungkasnya menandaskan. [rof/ito]