Kemarau, Warga Bentaor Andalkan Sumber Air dari Sendang

Reorter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Demi mencukupi kebutuhan sehari-hari, mengairi sawah, dan memberikan minum ternak, para warga di sekitar Dusun Bentaor, Desa Klumpit, Kecamatan Soko, mengandalkan sumber mata air dari sendang setempat.

Sumber air yang memancar dari perbukitan atas‎, atau yang lebih dikenal dengan lokasi Bumi Perkemahan Sendang Gede dipasang puluhan pipa-pipa kecil yang mengalir ke permukiman warga setempat.

"Kami tetap andalkan air dari sendang ini untuk kebutuhan sehari-hari. Meskipun airnya sedikit berkurang ," ujar Dasiyah, salah satu warga saat ditemui blokTuban.com, Senin (14/5/2018)

Dia menambahkan, air yang diambil dari sumber itu dikemas dalam sebuah tangki ukuran sedang yang untuk diangkut ke kandang sapi dekat lokasi perkemahan.

"‎Kalau pengairan sawah, hanya warga sekitar dusun sini, bukan satu desa. Di desa ini banyak sumber alaminya," imbuhnya.

Warga lain juga menambahkan, ‎meskipun kadar air pada sumberan air Sendang Gede berkurang saat kemarau, pemerintah desa setempat juga masih mengupayakan perawatan lokasi sendang.

"Ini juga sedang dibuat bangunan pembatas aliran air. Jika musim penghujan aliran air disini sangat besar dan tumpah ke sumgai dengan sia-sia. Dan saat kemarau seperti ini, Pemdes melakukan perawatan," ujar Abdullah‎, tokoh masyarakat Dusun Bentaor. [feb/col]