07:00 . Nyeri Haid Hilang Setelah Menikah, Mitos atau Fakta?   |   22:00 . Bupati Huda Serahkan Alsistan   |   21:00 . BMKG Rilis Peringatan Dini Jatim   |   20:00 . Semen dari Pabrik Tuban Bisa Dikirim Lewat Stasiun Babat   |   20:00 . Proyek Revamping dan Olefin TPPI Didukung Komisi VII DPR RI   |   19:00 . Adakan Sidang Isbat Nikah Massal, Ini Tujuan Bupati Huda   |   18:00 . Kapolres Tuban: Akhir Tahun Dipastikan Belum Bisa Dilalui Roda 4   |   17:00 . Serco Asia Pasifik Gandeng BUMD PT RSM Tandatangani Kerjasama Bangun RS Internasional di Tuban   |   16:00 . Kekeringan Teratasi, Panen jadi Lebih Cepat   |   15:00 . Terdakwa Kasus Penodaan Agama Islam di Group Facebook Jalani Sidang Online   |   14:00 . Selamat, Kak Bibin Resmi Lepas Lajang   |   13:00 . Kapolres Cek Logistik Pilkada Tuban   |   09:00 . Disiplin Prokes Kurang Sebabkan Kasus Covid-19 Tuban Naik   |   08:00 . Diduga Ngantuk, Truk Trailer Tabrak Pagar dan Teras Warga   |   07:00 . Hiperandrogen Bisa Picu Haid Tak Lancar, Simak Penjelasannya   |  
Fri, 27 November 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Wednesday, 09 May 2018 13:00

Hadapi Tahun Politik, Kesbangpol Adakan Bimtek Deteksi Konflik Sosial

Hadapi Tahun Politik, Kesbangpol Adakan Bimtek Deteksi Konflik Sosial

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com – Menghadapi tahun politik, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Tuban mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Deteksi Dini Cegah Dini dan Penanganan Konflik Sosial di Pendapa Kridha Manunggal Kabupaten Tuban.

Acara yang dibuka oleh Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Politik dan Hukum Kabupaten Tuban, Teguh Setyobudi tersebut, turut dihadiri 120 undangan dari anggota Satuan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Tuban, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), FKDM Kecamatan, Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat Tingkat Kabupaten, Camat se-Kabupaten Tuban, Kasi Trantib serta Danlinmas.

Dalam sambutannya, Teguh Styobudi menyampaikan, tahun politik kali ini merupakan tahun politik yang penuh dengan tantangan. Mengingat, maraknya problematika sosial, ekonomi, politik, hukum dan keamanan. Hal ini bisa berimplikasi terhadap kondisi keamanan, dan ketertiban di tengah masyarakat terutama di saat memasuki tahun-tahun politik seperti ini.

“Untuk itu, perlu adanya penguatan fungsi aparatur pemerintah dan elemen masyarakat agar menjadi bekal dalam rangka mewujudkan kondisi daerah yang sejuk,” ujar Teguh.

Salah satunya menurut Teguh, dengan peningkatan wawasan dan ketrampilan dalam melakukan deteksi dini, cegah dini, serta kemampuan mengolah, menganalisa sumber-sumber informasi dan data intelijen sangat berguna untuk mereduksi potensi konflik di tengah masyarakat. Juga untuk meminimalisir dampak konflik sosial yang mungkin sedang terjadi.

Aparatur Sipil Negara (ASN) senior tersebut juga mengungkapkan, aparatur pemerintah, tokoh agama, masyarakat, dan pemuda serta satuan perlindungan masyarakat memiliki peran yang sangat vital dalam proses tersebut. Beberapa diantaranya yang harus diwaspadai yaitu isu-isu yang bersifat SARA, upaya adu domba dan pecah belah umat beragama, dan masyarakat, maraknya ujaran kebencian/provokasi melalui media sosial, melemahnya toleransi/musyawarah dan problematika ekonomi dan penegakan hukum yang terus menimbulkan diskursus ditengah-tengah masyarakat.

“Hal itu sangatlah mungkin dapat berpotensi memunculkan gesekan, dan ketegangan. Apalagi di saat tahun politik seperti ini. Kita harus antisipasi dan waspadai bersama karena dengan kebersamaan, komunikasi dan koordinasi yang baik akan menghadirkan sinergisitas yang terarah dan efektif guna mewujudkan kondusifitas,” tambah mantan Kabag Humas Pemkab Tuban tersebut.

Teguh juga berpesan, agar bersama-sama mengajak seluruh warga masyarakat untuk berdemokrasi secara sehat, santun dan bermartabat. Serta meningkatkan sinergitas dalam rangka mewujudkan Kabupaten Tuban yang aman, tentram, damai adil dan makmur.

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Tuban, Hari Sunarno, menyatakan tujuan diadakannya kegiatan ini sebagai sarana silahturahmi, dan konsolidasi aparatur pemerintah, anggota satuan perlindungan masyarakat dan tokoh masyarakat, selain itu sekaligus dalam rangka menyongsong Pemilihan Gubernur (Pilgub) Tahun 2018 di Jawa Timur.

Kegiatan ini untuk sarana peningkatan wawasan dan kemampuan deteksi dini, cegah dini dan sistem penanganan konflik sosial bagi aparatur pemerintah anggota satuan perlindungan masyarakat dan tokoh masyarakat di Kabupaten Tuban.

Hari berharap, dengan diadakannya acara ini mampu membangun sinergitas antara aparatur pemerintah, satuan perlindungan masyarakat serta tokoh masyarakat di Tuban. Narasumber kegiatan dari BIN Provinsi Jatim, Kodim 0811 Tuban, Polres Tuban, dan Kompi Senapan C521.[hud/ito]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : kesbangpol, tuban



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Thursday, 26 November 2020 14:00

    Selamat, Kak Bibin Resmi Lepas Lajang

    Selamat, Kak Bibin Resmi Lepas Lajang Momen bahagia kembali dirasakan Keluarga besar Blok Media Group (BMG). Personil dari Blok Multimedia (anak perusahaan BMG), M. Tholibin resmi melepas masa lajangnya setelah menyunting pujaan hatinya, Siti Muza'roah....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more