Tips Menghindari Skimming Kartu ATM

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Kasus hilangnya uang nasabah BRI di Kecamatan Ngadiluwih, Kediri secara misterius menjadi perhatian publik di negeri ini. Dari penyelidikan sementara, uang nasabah yang hilang diduga jadi korban pencurian dengan metode skimming.

Dilansir dari bisnis.tempo.co, Kepala Unit Cyber Crime Polda Bali Kompol I Wayan Wisnawa menyebutkan, kejahatan skimming dengan menggandakan informasi yang terdapat dalam pita magnetik pada kartu kredit dan debit maupun ATM secara ilegal terbukti merugikan nasabah. Untuk mencegah makin banyaknya korban skimming itu, ia membagikan tips aman bagi nasabah atau pemilik kartu tersebut.

Setidaknya, kata Wisnawa, ada lima tips yang bisa dipakai oleh nasabah bank. Pertama, hati-hati menekan nomor rahasia (PIN) karena kadang pelaku memasang kamera tersembunyi untuk mengetahui password korban.

Kedua, hindari menggunakan ATM di daerah redup atau sepi karena pelaku mudah memasang alat skimming di tempat pengawasan yang lemah. Ketiga, periksa saldo rekening secara teratur, apabila ada penarikan uang yang aneh segera laporkan ke pihak bank.

Keempat, jangan terlalu sering mengakses akun bank Anda, karena jika terlalu sering akan semakin rentan dibobol. Kelima, daftarkan setiap transaksi menggunakan dua jenis otentikasi di bank Anda. [rof/rom]

*Sumber: tempo.co

atm1