17:00 . Curi Motor di Tuban, Dua Penadah Asal Banyuwangi Dibekuk Polisi   |   16:00 . Tumpukan Ban Bekas Terbakar, Nyaris Merembet ke Bengkel   |   15:00 . Predikat KLA Tuban Naik Jadi Tingkat Madya   |   12:00 . Banyak Warga Miskin Tak Dapat Bansos   |   08:00 . Bigini Landskap Media Digital di Indonesia Versi AMSI   |   07:00 . Lebih Baik Minum Air Panas saat Cuaca Panas, Ini Sebabnya!   |   18:00 . Gandeng Mahasiswa, Kapolres Tuban Bagikan Bansos Kepada Warga Terdampak Covid-19   |   17:00 . Warga Merakurak Meninggal Usai Pesta Miras di Jenu   |   16:00 . Simak Jadwal Dispensasi Perpanjang SIM Yang Habis Masa Berlakunya Saat PPKM   |   15:00 . FPKB DPRD Kritik Kebijakan Bupati Pangkas Anggaran KONI   |   14:00 . Hati-hati Calo Plasma Sudah Berkeliaran di Tuban   |   13:00 . Anggaran KONI Dikepras, FPKB Teriak   |   12:00 . Ringankan Beban Warga, Lapas Salurkan 50 Paket Sembako   |   11:00 . Sidak Bansos, Bupati Sorot Kinerja Pendamping, Agen hingga Supplier   |   09:00 . Kapolda Jateng Ajak Warga Pergerakan Jalan Bareng   |  
Sat, 31 July 2021
Jl Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Bingung Cari Lokasi, Pengrajin Gerabah akan Tergusur Tanggul

bloktuban.com | Wednesday, 14 March 2018 13:00

Bingung Cari Lokasi, Pengrajin Gerabah akan Tergusur Tanggul

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Raut santai tertata rapi di wajah Parlan (48), pengusaha gerabah yang berada di Desa Ngadirejo, Kecamatan Rengel, ketika beraktivitas sehari-hari. Namun, kerlingan mata beserta gelombang kulit di keningnya tiba-tiba saja berubah ketika teringat bangunan tanggul penopang banjir juga lekas menggusur salah satu tempat produksi olahan gerabahnya itu.

Terik panas ini adalah waktu yang pas untuk digunakan proses pengeringan gerabah dengan cara membakarnya bersama jerami dan tongkol jagung kering, menimbun gerabah setengah jadi.

"Bangunan tempat pengeringan ini, nantinya akan digunakan sebagai bangunan tanggul bengawan. Tapi sampai sekarang masih bingung cari tempat pindah," cerita lelaki yang memiliki enam orang cucu itu, ketika ditanya blokTuban.com terkait tempatnya yang berada persis dekat bantaran sungai terpanjang di Pulau Jawa, Rabu (14/3/2018).

Menghentikan aktivitasnya sejenak, mengangkut jerami kering yang digunakan bahan bakar pengering gerabah. Dia menghela nafas sejenak, lalu menyambung cerita tentang lahan yang akan dijadikan tanggul.

Sambung Parlan, bulan April nanti akan ada sejumlah petugas dari pihak proyek tanggul mendatangi lokasi pengeringan gerabah miliknya. Jika sudah ada kesepakatan dari pihaknya berserta pihak pengerjaan proyek, dia harus bergeser tempat, dan merelakan tanahnya untuk bangunan tanggul.

"Tapi ya ada yang pembebasan lahan dari pemerintah kok. Tinggal nyari tempat yang pas dan cocok saja," imbuh Parlan sambil kemudian menyulutkan sebatang korek bensol ke jerami bakarnya.

Segenap rasa seperti tercampur aduk di hati dan pikiran. Cepat atau lambat, dia bersama para pekerja lain tetap harus berkemas barang, boyong ke tempat lain untuk aman dari kerisauan sebab dampak pembangunan pemerintah.

Terlepas dari gundah berpindah tempat, namun dia juga was-was. Apakah dana yang disediakan pemerintah akan cukup untuk mencari tempat dan memulai suasana baru pengerjaan sentra kerajinan khas Ngadirejo itu.

"Dengar-dengar sih dapat lima ratus juta lebih ganti lahannya, sekitar tujuh ratusan bahkan. Tapi bingung, antar dapat uang ganti rugi dan cari tempat lagi masih terus terpikir," pungkasnya. [feb/rom]

Tag : tanggul bengawan, gerabah, pusat gerabah

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat