15:00 . Bawaslu dan KPU Akui Kampanye Virtual di Pilkada Tuban Nihil   |   12:00 . Bupati Resmikan Pasar Rakyat di Kenduruan   |   11:00 . 1.500 Kader NU Apel Siaga Pilkada Damai   |   09:00 . Kebakaran Kios Kopi di Semanding Berawal dari Sebotol Bensin   |   07:00 . 6 Cara Sederhana Mencegah Anak Stres karena PJJ   |   19:00 . Musim Penghujan, Harga Cabai Meroket   |   16:00 . Kesetrum, Warga Guwoterus Jatuh dari Pohon   |   15:00 . Penerimaan PBB-P2 2020 Lampui Target   |   14:00 . DIPA Tuban 2021 Sebesar Rp303 Miliar, TKDD Rp1,6 Triliun   |   13:00 . Kapolres Sebut Pria Meningalnya Tanpa Busana di Hotel Tuban Punya Riwayat Sakit Jantung   |   12:00 . Lapas Tuban Dikunjungi TPN Kemenpan RB   |   11:00 . Apel Pengamanan Pilkada, Polres dan Kodim Tuban Kerahkan Hampir 1000 Personel   |   08:00 . Mengintip Kerajinan Pelapah Pisang   |   07:00 . Membangun "Chemistry" Kuat dengan Percakapan Sederhana   |   19:00 . Begini Harapan Kades, Setelah Ganjar Pranowo Datangi Makam Sunan Bejagung   |  
Wed, 02 December 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Wednesday, 14 March 2018 13:00

Bingung Cari Lokasi, Pengrajin Gerabah akan Tergusur Tanggul

Bingung Cari Lokasi, Pengrajin Gerabah akan Tergusur Tanggul

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Raut santai tertata rapi di wajah Parlan (48), pengusaha gerabah yang berada di Desa Ngadirejo, Kecamatan Rengel, ketika beraktivitas sehari-hari. Namun, kerlingan mata beserta gelombang kulit di keningnya tiba-tiba saja berubah ketika teringat bangunan tanggul penopang banjir juga lekas menggusur salah satu tempat produksi olahan gerabahnya itu.

Terik panas ini adalah waktu yang pas untuk digunakan proses pengeringan gerabah dengan cara membakarnya bersama jerami dan tongkol jagung kering, menimbun gerabah setengah jadi.

"Bangunan tempat pengeringan ini, nantinya akan digunakan sebagai bangunan tanggul bengawan. Tapi sampai sekarang masih bingung cari tempat pindah," cerita lelaki yang memiliki enam orang cucu itu, ketika ditanya blokTuban.com terkait tempatnya yang berada persis dekat bantaran sungai terpanjang di Pulau Jawa, Rabu (14/3/2018).

Menghentikan aktivitasnya sejenak, mengangkut jerami kering yang digunakan bahan bakar pengering gerabah. Dia menghela nafas sejenak, lalu menyambung cerita tentang lahan yang akan dijadikan tanggul.

Sambung Parlan, bulan April nanti akan ada sejumlah petugas dari pihak proyek tanggul mendatangi lokasi pengeringan gerabah miliknya. Jika sudah ada kesepakatan dari pihaknya berserta pihak pengerjaan proyek, dia harus bergeser tempat, dan merelakan tanahnya untuk bangunan tanggul.

"Tapi ya ada yang pembebasan lahan dari pemerintah kok. Tinggal nyari tempat yang pas dan cocok saja," imbuh Parlan sambil kemudian menyulutkan sebatang korek bensol ke jerami bakarnya.

Segenap rasa seperti tercampur aduk di hati dan pikiran. Cepat atau lambat, dia bersama para pekerja lain tetap harus berkemas barang, boyong ke tempat lain untuk aman dari kerisauan sebab dampak pembangunan pemerintah.

Terlepas dari gundah berpindah tempat, namun dia juga was-was. Apakah dana yang disediakan pemerintah akan cukup untuk mencari tempat dan memulai suasana baru pengerjaan sentra kerajinan khas Ngadirejo itu.

"Dengar-dengar sih dapat lima ratus juta lebih ganti lahannya, sekitar tujuh ratusan bahkan. Tapi bingung, antar dapat uang ganti rugi dan cari tempat lagi masih terus terpikir," pungkasnya. [feb/rom]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : tanggul bengawan, gerabah, pusat gerabah



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Thursday, 26 November 2020 14:00

    Selamat, Kak Bibin Resmi Lepas Lajang

    Selamat, Kak Bibin Resmi Lepas Lajang Momen bahagia kembali dirasakan Keluarga besar Blok Media Group (BMG). Personil dari Blok Multimedia (anak perusahaan BMG), M. Tholibin resmi melepas masa lajangnya setelah menyunting pujaan hatinya, Siti Muza'roah....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more