07:00 . Lebih Sehat dengan Bangun Pagi, Begini Cara Menjadi Morning Person   |   20:00 . AMSI Rumuskan Strategi Mendorong Ekosistem Digital yang Adil bagi Media Siber   |   19:00 . Tuban Banjir, Hingga Minggu Malam Hujan Belum Reda   |   15:00 . Marak ODGJ Awal Tahun 2021, Ini Kata Kasatpol PP Tuban   |   14:00 . Operasi Yustisi, 4 Orang Tak Pakai Masker Diminta Push Up   |   12:00 . Pemkab Tuban Inginkan Jalan Pantura Dibeton   |   10:00 . Pecinta Sepeda Tua Asal Rengel Ditemukan Meninggal di Plumpang   |   07:00 . Tips Tampil Elegan Tanpa Habiskan Banyak Uang   |   16:00 . Dandim Tuban Tanam Pohon di Kawasan Air Terjun Nglirip   |   15:00 . Meski Dihimpit Pandemi, Capaian BAZNAS Tuban Lampaui Target   |   14:00 . Anggota DPRD di Tuban Mengecat Lubang Jalan yang Bahayakan Pengendara   |   13:00 . Unirow Tuban Peringkat 154 dari 2.136 Perguruan Tinggi se-Indonesia   |   12:00 . Hindari Tumpahan Kalsium di Jalur Pantura, Pengendara Motor Jatuh   |   10:00 . Inilah Kriteria Orang Tak Bisa Disuntik Vaksin Covid-19 Sinovac   |   07:00 . Orangtua, Yuk Kenali Gaya Belajar Anak!   |  
Mon, 25 January 2021
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Belum Cukup Kering, Sawah di Ngadirejo Kembali Banjir

bloktuban.com | Tuesday, 13 March 2018 15:00

Belum Cukup Kering, Sawah di Ngadirejo Kembali Banjir

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Surutnya banjir di beberapa lahan pertanian Kecamatan Rengel, seperti persawahan Desa Kanorejo, Karangtinoto, Sawahan, dan Ngadirejo rasanya baru berangsur kering sekitar dua mingguan lalu, semenjak banjir dari luapan Singa Bengawan Solo merendam empat desa di kecamatan tersebut.

Namun, sejak Senin malam (12/3/2018) kemarin, volume air sungai terpanjang di Pulau Jawa itu kembali naik. Alhasil, sawah-sawah seperti di Desa Ngadirejo yang sebelumnya tengah dalam proses pengeringan lahan pun harus rela dikerumuni air kembali.

Pantauan blokTuban.com di daerah rawan banjir itu, nampak sejumlah titik wilayah telah tergenang kembali oleh air, seperti jalanan menuju arah kantor balai Desa Ngadirejo, jalanan persawahan dusun Tangsari, serta pekarangan samping kanan-kiri dan belakang rumah warga yang sudah dikepung air.

"Baru kemarin petang, air dari Bengawan mulai naik membanjiri sawah warga lagi," ujar Abdul, warga asal Desa Semambung, Kecamatan Kanor-Bojonegoro yang berada di lokasi banjir Ngadirejo.

Pria yang bekerja sebagai pembeli pohon bambu di Desa Ngadirejo itu juga mengeluhkan akibat adanya banjir. Jika kemarin, air belum sampai masuk kembali ke persawahan dan pekarangan warga, sehari di bisa memotong mendapat pohon bambu sampai 20 batang.

"Tapi sekarang ini airnya tambah membesar mas. Ini cuma bisa motong sepuluh batang. Soalnya cukup bahaya, lokasinya licin," tambahnya kepada blokTuban.com, Selasa (13/3/2018).

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Ngadirejo, Kasturi saat ditemui di kediamannya juga mengutarakan hal yang sama. Sejak pukul 07.00 WIB tadi, air telah datang memasuki desanya.

"Ya begini. Sawah warga yang belum cukup kering sudah kemasukan air dari bengawan lagi," papar Kades Ngadirejo.

Selain itu, pihaknya juga menambahkan bahwa banjir yang melanda desanya beberapa pekan lalu sempat merendam 90% rumah warga desa. Ditambah lagi hektaran sawah milik petani yang terendam banjir sangat parah. [feb/ito]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : banjir, ngadirejo



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Wednesday, 30 December 2020 17:00

    Cangkruk Mathuk Bersama EMCL

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara Pasca dilaksankan Cangkruk Mathuk dalam jaringan (daring) yang digelar operator Lapangan Banyuurip, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bersama para wartawan 3 Kabupaten pada Rabu (25/11/2020), dilanjutkan dengan lomba essay dan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more