17:00 . Agen E-Warung: Beras BPNT Harus Sesuai Pedum, Kalau Tidak Akan Ditolak   |   15:00 . Perangkat Desa Positif Covid-19, Kantor Desa Semanding Ditutup   |   13:00 . Warga Minta Kasun Yang Digrebek Saat Selingkuh Diberhentikan   |   12:00 . SIG Pasok 11.500 Meter Kubik Beton untuk Masjid Istiqlal   |   11:00 . Data KPM BPNT Tuban yang Dihapus Sistem Diajukan Ulang ke Kemensos   |   10:00 . Dukung Penunjukan Calon Kapolri, FKUB Tuban: Ini Wujud Kebhinekaan di Indonesia   |   09:00 . Diduga Peras Kades Oknum LSM Disikat Polisi   |   08:00 . Nenek di Tuban Tak Dapat Cairkan BPNT Karena Diputus Kemensos   |   07:00 . Jangan Terlewat, Ini 7 Jenis Buah yang Baik Dikonsumsi saat Hamil   |   17:00 . Pemkab Tuban Minta Supermarket dan Restoran Tutup Jam 9 Malam   |   16:00 . Pemkab Tuban Bentuk Tim Pemakaman Covid-19 Tingkat Kecamatan   |   15:00 . Banjir Sepekan di Plumpang, Ratusan Hektare Padi dan Jalan Terendam   |   14:00 . Pagawai Positif Covid-19, Samsat Payment Poin Kerek Lockdown   |   13:00 . Jika Perahu Seberangan Sepi, Pemilik Berinisiatif Buat Tempat Ngopi   |   11:00 . Vaksinasi di Tuban Mundur, Dijadwal Ulang Februari 2021   |  
Sat, 16 January 2021
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Kunjungan Presiden Jokowi ke Tuban

Ternyata Begini Sejarah Tumpangsari

bloktuban.com | Friday, 09 March 2018 10:00

Ternyata Begini Sejarah Tumpangsari

Reporter: Sri Wiyono


blokTuban.com - Penanaman pohon hutan dengan sistem tumpangsari seperti yang dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kabupaten Tuban ternyata sudah berlangsung sangat lama.


Menanam dengan sistem tersebut dimulai pertamakali pada abad ke-19 pada jaman Hindia Belanda pada tahun 1883. Sistem ini kali pertama dikukan di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah oleh Mollier atas perintah Gubernur Semarang pada waktu itu.


Menurut Ir. Agus Santoso,MM Administratur (ADM) Perhutani KPH Tuban, pemikiran tentang konsep tumpangsari itu berawal dari adanya pemikiran Gubernur Jenderal Daendels. Bahwa pada tahun 1850 diketahui di Pulai jawa sudah kelebihan penduduk dan kepemilikan lahan masyarakat penduduk Pulau Jawa sangat kecil.


Maka dibangun sistem pengelolaan hutan yang lestari agar dapat mengakomodasi penduduk bisa bertani. Pembangunan sistem pengelolaan hutan yang ilmiah dan lestari dimulai dan dipimpin oleh Aej Brunsma.


Karena berhasil, maka kemudian berkembang ke hutan-hutan di wilayah lain. Tumpangsari memanfaatkan lahan hutan untuk menanam tanaman pangan atau tanaman obat-obatan.


Presiden Jokowi melakukan tutup tanam di hutan milik Perhutani KPH Tuban. Lokasinya di Desa Ngimbang, Kecamatan Palang, Kabupten Tuban. Lahan hutan di desa ini seluas 437,9 hektar.


Lahan seluas 77,25 hektar pada bulan November 2017 semua dilaksanakan tumpangsari jagung. Dan akhir Februari serta awal Maret panen jagung, dan berhasil untuk lahan seluas 77,25 hektar. Kisaran hasil panen antara 4 - 6 ton per hektar dengan rata-rata 4,5 ton per hektar.


Pengelolaan bersama LMDH Ngimbang Makmur seluas 77,25 hektar dengan jumlah anggota sebanyak 147 orang. Kerjasama itu merupakan kerjasama pengeloaan hutan kolaratif dengan berbagi peran dan tanggungjawab secara partisiptif.


Kegiatan dimulai perencanaan, persemaian, pembuatan tanaman, pemeliharaan, pemanenan hutan dan kerjasana lain dalam pemberdayaan masyarakat dan pengembangan ekonomi kreatif desa.[ono]

 

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

 



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Wednesday, 30 December 2020 17:00

    Cangkruk Mathuk Bersama EMCL

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara Pasca dilaksankan Cangkruk Mathuk dalam jaringan (daring) yang digelar operator Lapangan Banyuurip, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bersama para wartawan 3 Kabupaten pada Rabu (25/11/2020), dilanjutkan dengan lomba essay dan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more