Begini Kata Jokowi Soal Curhatan Petani

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) langsung merespon curahan hari (curhat) para petani yang ditemui di Desa Ngimbang, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban Jumat (9/3/2018) pagi.

Soal pupuk, petani meminta pada Menteri Pertanian untuk menyelesaikan persoalan pupuk yang selama ini menjadi hambatan warga. Juga soal pasca panen dan pengendalian harga hasil panen.

''Soal pupuk nanti biar menteri terkait yang menangani,'' ujar Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga menekankan agar lahan yang terkait dengan program perhutanan sosial segera dibagikan ke warga. Sebab, lahan tersebut yang akan digarap dan menjadi sumber penghasilan petani.

Dengan menggarap lahan yang diberikan tersebut, diharapkan masyarakat, khususnya petani bisa meningkatkan kesejahteraan. Sebab, lahan garapan disediakan dan bisa dikelola oleh petani dengan jalan bagi hasil. Petani juga akan mendapat pembinaan dalam pengelolaan lahan sampai pasca panen.

Di lokasi, Jokowi didampingi ibu negara Iriana Jokowi juga menanam pohon jati sebagai salsalah satu rangkaian tutup tanam di areal Perhutani KPH Tuban.[hud/ono]