18:00 . Proyek Drainase, Wabup Temukan Adanya Keterlambatan Pembangunan   |   17:00 . Panen Kayu Putih dan Tanam Jagung di Musim Penghujan   |   16:00 . Wabup Tuban Singgung Keberadaan Wartawan Abal-Abal   |   15:00 . Pemenang Desa Award Tuban Diumumkan, Cari Desamu di Sini!   |   14:00 . PWI Jatim Lantik Pengurus PWI Tuban Masa Bhakti 2018-2021   |   13:00 . Bupati Tuban Dorong Desa untuk Berinovasi   |   12:00 . BID Tuban Sajikan 93 Inovasi Desa   |   07:00 . Perhatikan, 8 Cara "Tumpas" Kesepian Saat Berstatus Jomblo   |   22:00 . Ini Juara Festival Drumband Tingkat Provinsi Jatim   |   21:00 . Penasaran Penampilan Peserta Festival   |   20:00 . Aklamasi, Pipit Wibawanto Kembali Pimpin PWI Tuban Periode 2018-2021   |   18:00 . Usai Acara, 227 Petugas Kebersihan Diterjunkan   |   17:00 . Pelaku Jambret di Parengan Berhasil Dibekuk Polisi   |   16:00 . Tuban Targetkan 2 Medali Emas Cabor Drumband di Ajang Porprov 2019   |   15:00 . Marching Band Semen Indonesia Jadi Pembuka Festival Drum Band   |  
Tue, 20 November 2018
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Wednesday, 28 February 2018 06:00

Unirow Riset di Lahan Bekas Reklamasi SG

Unirow Riset di Lahan Bekas Reklamasi SG

Pengirim: Fitriyah Ayu Puspitasari*

blokTuban.com - Riset dilakukan antara Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban, Jawa Timur dengan Semen Gresik (SG) Kerja Sama Operasional (KSO) Semen Indonesia di lahan bekas reklamasi tambang Memorandum of Understanding (MoU) di Kecamatan Kerek, dimulai pada Senin (26/2/2018) kemarin. Kerja sama tersebut ditandatangani pada 31 Januari 2018 lalu.

"Studi ini guna melakukan pemanfaatan sampah organik untuk dijadikan pupuk," ujar Rektor Unirow Tuban, Dra. Supiana Dian Nurtjahyani M. Kes, saat dikonfirmasi Selasa (27/2/2017) kemarin.

Dosen Biologi ini menjelaskan, salah satu tujuan riset itu untuk mengurangi pemakaian pupuk anorganik dalam melakukan perawatan tanaman lahan bekas tambang. Riset lahan tersebut juga diperlukan untuk mempercepat proses reklamasi, dan konservasi di lahan tambang.

"Sehingga kelestariaannya dapat terjaga," terang perempuan yang sebelumnya dipercaya menjadi Kepala Perpustakaan Unirow itu.

Untuk mencapai tujuan tersebut, Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang beroperasi di Jalan Manunggal 61 Tuban dan SG melakukan serangkaian proses. Mulai pemutahiran data dan informasi di lahan reklamasi. Membuat pupuk organik dari serasah dedaunan di bawah tegakan pohon di lahan tambang MoU. Terakhir membuat aplikasi pupuk pada kegiatan perawatan tanaman di lahan tambang.

Setelah berhasil mereklamasi lahan bekas tambang, selanjutnya akan dikembangkan riset untuk mahasiswa dan dosen Unirow dalam hal keilmuan. Hasil riset nantinya akan dipublikasikan di jurnal internasional dan nasional yang bereputasi, media semen,  maupun media online.

"Dalam hal ini Unirow dapat ikut serta dan berkontribusi dalam hal mengisi pembangunan di masyarakat, sehingga dapat bersaing di era global," pungkas Dian. [rom]

*Penulis merupakan mahasiswi aktif di Prodi Ilmu Komunikasi FSIP Unirow. Selain itu aktif menulis di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Waskita Unirow Tuban.

Tag : sg, reklamasi, unirow

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Wednesday, 14 November 2018 15:00

    Pelatihan Menulis Bersama EMCL dan Tempo Institute

    Tulisan Tiga Wartawan Bojonegoro Terbaik

    Tulisan Tiga Wartawan Bojonegoro Terbaik Selama tiga hari, mulai Senin hingga Rabu (12-14/11/2018), awak media dari Kabupaten Bojonegoro, Tuban dan Blora mengikuti pelatihan menulis feature/story telling dan digital marketing di Disaster Oasis, KM 21,5, Sleman,...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 10 November 2018 10:00

    Pengumuman: Seleksi dan Rekrutmen P2KTD PID Tuban

    Pengumuman: Seleksi dan Rekrutmen P2KTD PID Tuban Sehubungan dengan pelaksanaan Tahapan Program Inovasi Desa (PID) Tahun Anggaran 2018 di Kabupaten Tuban, maka Tim Inovasi Kabupaten (TIK) PID membuka seleksi dan rekrutmen Pengelola Penyedia Peningkatan Kapasitas Teknis Desa...

    read more