16:00 . Setelah Lama Mati Suri, Hari Ini Pepadi Bangkit Kembali   |   15:00 . Sergab, Bulog Terima 70 Ton beras dari Petani   |   14:00 . Vendor Gathering, BPJS Sosialisasikan Program   |   13:00 . Bupati Fathul Huda Minta Pers Tetap Kritis   |   12:00 . Penjual Minuman Beralkohol di 3 Kecamatan Diminta Urus Ijin   |   10:00 . Duh...! Penjual Sate Simpan Arak Dalam Termos Nasi   |   09:00 . Turnamen Futsal Antar Instansi Meriahkan Puncak HPN PWI Tuban   |   08:00 . Pertamina EP Raih Best of The Best APQ Awards 2019   |   07:00 . Dua Alasan Kenapa Kita Suka Menunda-Nunda (dan Solusinya)   |   21:00 . Semen Indonesia Mulai Gelar Bimbingan Manasik Haji di Tuban   |   17:00 . Kodim 0811 Tuban Matangkan Persiapan Penutupan TMMD   |   16:00 . Hari Perdana UNBK, Siswa SMK Mengaku Grogi   |   15:00 . ULAR SANCA KEMBANG TERTANGKAP WARGA BANGILAN   |   14:00 . Surat Suara Pemilu 2019 Sudah Terpenuhi, Ini Jumlahnya   |   13:00 . Tuban Targetkan 840 Sekolah Ramah Anak di 2019   |  
Tue, 26 March 2019
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Friday, 23 February 2018 09:00

LFMA Adakan Kaderisasi untuk Jaring Anggota Baru

LFMA Adakan Kaderisasi untuk Jaring Anggota Baru

Reporter: Tim Jurnalis Ma'had Aly Al Hasaniyyah

blokTuban.com - Lajnah Falakiyah Ma’had Aly (LFMA) Al Hasaniyyah, Senori, Tuban, sepekan terakhir melakukan tahapan kaderisasi. Puncaknya pada hari Kamis (22/2/2018) orientasi digelar, sekaligus pengukuhan anggota baru.

Bertempat di gedung Madrasah Aliyah (MA) Al Hasaniyyah, sebanyak 50 santri Pondok Pesantren dan Majlis Ta’lim (PPM) Daruttauhid Al Hasaniyyah antusias mengikuti kegiatan ini.

Orientasi dengan tema 'Pesantren dan Pengembangan Ilmu Falak' mencoba mengetengahkan diskursus Ilmu Falak dalam dunia pesantren. Lebih-lebih bahwa pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam, tentu menjadi rujukan dalam hal peribadatan. Seperti kiblat salat, awal puasa, awal hari raya, gerhana bulan dan segenap ibadah lain yang memerlukan perhitungan falak.

Hadir sebagai narasumber yakni perwakilan Tim LFMA angkatan I, Ach. Nashiruddin dan Iqbal Baihaqi. Secara detail narasumber I, Ach. Nashiruddin memaparkan bagaimana peran pesantren dengan kitab kuningnya dapat berperan dalam pengembangan Ilmu Falak. Sementara narasumber II Iqbal Baihaqi, secara khusus membahas arah kiblat, sebagai hal vital dalam pelaksanaan salat, sekaligus cara perhitungan arah kiblat menggunakan media kalkulator.

Dalam sambutannya, ketua LFMA Ach. Syafii menuturkan, jika setiap pesantren idealnya punya wadah untuk kajian dan pengembangan Ilmu Falak. “Peran adanya wadah bagi kajian dan pengembangan Ilmu Falak di pesantren seperti LFMA ini sangatlah penting. Mengingat pesantren adalah lembaga pendidikan Islam yang setiap harinya menggeluti dan bertanggungjawab atas peribadatan umat,” tuturnya.

Sejalan dengan tanggungjawab sebagai rujukan dalam hal peribadatan tersebut, maka penting untuk melakukan kaderisasi. “Diadakanya kaderisasi ini dalam rangka pengembangan Ilmu Falak, terlebih jika kelak para santri sudah boyong dari pesantren, kembali ke kampung masing-masing, mereka dapat menjawab problematika keumatan,” sambungnya.

Saat dikonfirmasi, koordinator Departemen Kaderisasi LFMA, Abdul Ghoni menyatakan, orientasi adalah tahapan ketiga dari kaderisasi di LFMA. “Ada dua tahapan sebelum orientasi ini. Pertama masa pendaftaran yang berlangsung empat hari, tahapan kedua seleksi selama dua hari, dan tahapan ketiga orientasi. Mulai besok (hari ini, red) peserta orientasi ini akan melakukan kajian secara berkala, tiap minggu dengan mentor masing-masing. Tadi telah kami bagi menjadi sembilan kelompok,” ujarnya.  

Kegiatan kaderisasi LFMA ini menjadi angin segar tersedianya sumber daya manusia (SDM) mumpuni dalam bidang falak. Mengingat rilis situs resmi Pemerintah Kabupaten Tuban, akhir bulan lalu yang menyebut, tak mustahil Kecamatan Senori menjadi pusat kajian Ilmu Falak. [rom]

Tag : MA'HAD ALI AL HASANIYYAH, senori tuban, ilmu falak

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 04 March 2019 08:00

    Pondok Literasi

    Pondok Literasi Saat ini lagi gencar-gencarnya gerakan litersai. Di mana-mana ada komunitas baca, tadarus puisi dan dan bedah buku, yang arahnya untuk menumbuhkan cinta membaca. Baru sebagian kecil kegiatan di Kabupaten...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 09 February 2019 13:00

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp Sehubungan dengan maraknya kembali modus penipuan rekrutmen Holcim yang beredar lewat akun media sosial WhatsApp, masyarakat di Kabupaten Tuban, Jawa Timur dan sekitarnya diminta waspada. Semua pihak harus lebih hati-hati,...

    read more