Distribusi Gudang Tembakau di Soko Hingga Manca Negara
 
Reporter: M. Anang Febri
 
blokTuban.com - Hasil olahan tembakau bahan, yang berpusat di gudang tembakau Desa Sokosari, Kecamatan Soko rupanya tak lagi berkutat pada wilayah dalam negeri saja. 
 
Hal tersebut disampaikan langsung oleh pengawas operator gudang, Yakob (36). Pihaknya mengatakan bahwa hasil olahan tembakau pasca sortir akan diteruskan ke proses redrying, untuk pengeringan tembakau. Kemudian diekspor.
 
"Setelah melalui proses-proses itu, tembakau kemudian dikemas untuk dikirim ke Rusia, Amerika, Malaysia, dan Singapore. Tapi kebanyakan ekspor ke Rusia," papar lelaki asal Kabupaten Bojonegoro itu kepada blokTuban.com, Selasa (6/2/2018).
 
Dia menambahkan lagi, bahan tembakau dari gudang pengolahan tembakau di Soko tersebut nantinya akan dijadikan campuran rokok 'mild' yang terkenal dengan kadar nikotin dan TAR yang cukup rendah.
 
"Bahan tembakau dari sini, setelah diekspor ke negara-negara itu nanti akan dibuat rokok Mild, bukan cerutu," pungkasnya.
 
Kendati demikian, pihaknya sebenarnya ingin lebih memaksimalkan tenaga kerja dilingkup sekitar gudang. Namun yang terjadi, warga setempat banyak yang memilih untuk mengambil garapan tembakau untuk dikerjakan di rumah masing-masing. [feb/ito]