17:00 . Hari Sumpah Pemuda, Ini Harapan Ketua Pemuda Pancasila Tuban   |   16:00 . Pemkab Keluarkan SE Soal Perayaan Hari Jadi Tuban (HJT)   |   14:00 . Pandemi, Angka Kekerasan Terhadap Anak di Tuban Menurun   |   14:00 . HUT Pemuda Pancasila Ke-61, Semangat Dukung Setia-Negara   |   12:00 . Penyamaan Upah Minimum 2021, Begini Reaksi Pekerja di Tuban   |   11:00 . Liburan Panjang, Pengelola Pantai Kelapa Waspada Lonjakan Pengunjung   |   10:00 . Mediasi di Mapolsek Jenu, Rekind akan Utamakan Tenaga Lokal   |   09:00 . Pesan Forkopimca Jenu ke Pengelola Pantai Sugihwaras, Utamakan Keselamatan dan Taati Prokes   |   08:00 . Jalur Gaji-Kerek Makan Korban, Terlibat Laka dengan Truk Pembonceng CBR Meninggal   |   07:00 . Jangan Remehkan Manfaat Menulis Jurnal   |   22:00 . Bantu Siswa-Siswi Belajar Dari Rumah, Didik Mukrianto Bagikan Wifi Gratis   |   21:00 . Polres Tuban Teken MoU Perlindungan Hutan dengan 3 KPH   |   20:00 . Pandemi, Upacara HDKD di Lapas Tuban Digelar Secara Virtual   |   19:00 . 3 Paslon Paparkan Visi-Misi, Ini Komitmennya Kepada Masyarakat Tuban   |   18:00 . Jaksa Masuk Sekolah, Kejari Tuban Bentuk Generasi Taat Hukum   |  
Wed, 28 October 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Tuesday, 06 February 2018 11:00

Beragam 'Julukan' untuk Tuban

Beragam 'Julukan' untuk Tuban

Oleh: Ikhwan Fahrudin*

Kabupaten dengan jumlah penduduk sekitar 1,2 juta jiwa ini terdiri dari 20 kecamatan dan beribukota di Kecamatan Tuban. Kabupaten Tuban mempunyai letak yang strategis, yakni di perbatasan Provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah dengan dilintasi oleh Jalan Nasional Daendels di Pantai Utara. Luas wilayah Kabupaten Tuban 183.994.561 Ha, dan wilayah laut seluas 22.068 km2. Letak astronomi Kabupaten Tuban pada koordinat 111o 30'-112o 35 BT dan 6o 40'-7o 18' LS. Panjang wilayah pantai 65 km. Ketinggian daratan di Kabupaten Tuban bekisar antara 0-500 mdpl. Oleh karena itu, pada zaman dahulu Tuban dijadikan pelabuhan utama kerajaan Majapahit dan menjadi salah satu pusat penyebaran Agama Islam oleh para Walisongo.

Tuban dipimpin oleh R. Adipati Dandang Watjono atau Kyai Gede Papringan sebagai Bupati pertama kali di tahun 1264-1282 M. Kota ini termasuk menjadi tempat bersejarah di wilayah jawa karena pernah dijadikan jujugan bagi saudagar di era Majapahit yang transit atau singgah untuk menyandarkan kapal atau perahu di masa silam.

Mengingat lokasi dan peradaban yang telah tua, tak heran jika Tuban mempunyai berbagai julukan untuk dijadikan brand di masyarakat. Apa saja? Mari kita simak ulasan di bawah ini:

1. Kota Seribu Goa.

Tuban memiliki banyak goa oleh karena faktor geografis Tuban yang berada di rangkaian Pegunungan Kapur Utara. Terdapat Goa yang sangat terkenal yakni Goa Akbar di Gedongombo (Semanding), Goa Putri Asih di Nguluhan (Montong), Goa Ngerong di Rengel, Goa Ashabul Kahfi di Gedongombo (Semanding), Goa Suci di Leran (Palang), Goa Kancing di Tlogo Prunggahankulon(Semanding), Goa Cendoro di Cendoro (Palang), dan goa yang lainnya. Bagi yang belum pernah mengunjunginya, siap-siap kesana ya!

2. Kota Koes Plus.

Julukan ini tidak perlu diragukan lagi, karena Tuban merupakan kota asal grup musik legendaris Koes Bersaudara yang kemudian menjadi Koes Plus. Kelompok ini dibentuk pada tahun 1969, sebagai kelanjutan dari kelompok “Koes Bersaudara”. Grup yang berasal dari Kelurahan Sendangharjo, Tuban, Jawa Timur ini merupakan alumnus SMK Negeri 1 Tuban dan pada akhirnya menjadi pelopor musik pop dan rock 'n roll.

3. Kota Tuak.

Ini merupakan julukan bagi para warga lokal Tuban, karena Tuban merupakan habitat bagi pohon siwalan yang dapat memproduksi air nira (legen). Legen yang difermentasi akan menjadi tuak dan mengandung alkohol cukup tinggi. Tuak dipercaya berkhasiat menyembuhkan penyakit kencing batu. Jadi jangan disalahgunakan, ya sahabat!

4. The Mid-East of Java.

Istilah Mid-East yang disandang dapat diartikan karena letak geografis Tuban yang berada di perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah. Ada juga versi yang menyebutkan istilah Mid-East didapat karena Tuban adalah kota yang bernuansa Islami.

5. Kota Bumi Wali.

Branding Tuban Bumi Wali muncul di era Bupati Fathul Huda-Noor Nahar Husain. Pak Huda mengatakan, bahwa Tuban ingin meniru spirit para Wali Songo yang telah berjasa menyebarkan dan mendakwahkan ajaran Islam di Tanah Jawa. Nilai-nilai spirit itu menurut Pak Huda, para Wali adalah seorang Enterpreuner dan Para Wali adalah seorang yang Pemberani. Julukan ini disematkan dengan mungkin alasannya ada banyaknya waliyullah yang ada di Tuban.

6. Bumi Ronggolawe.

Ronggolawe merupakan tokoh legendaris bagi orang Tuban, dikenal karena keberaniannya dalam memberontak penguasa. Ronggolawe merupakan putra dari Raden Arya Wiraraja (Adipati Sumenep). Ronngolawe merupakan sosok yang penting di Majapahit. Berdirinya Majapahit diawali dengan momentum runtuhnya kerajaan Kediri. Nah, dinasti itu bisa hancur setelah sekian lama, salah satunya adalah karena peran seorang Ronggolawe. Ya, sosok satu ini berhasil membuat pasukan Jayakatwang tinggal kenangan.

*Pengirim adalah Pemred Majalah Al Uswah.

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : tuban, kota tuban



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Thursday, 22 October 2020 13:00

    Reporter blokTuban, Anang Lepas Lajang

    Reporter blokTuban, Anang Lepas Lajang Reporter blokTuban.com, M. Anang Febri Efendi resmi melepas lajang. Ikrar janji suci diucapkan Anang di akad nikah pukul 09.00 WIB hari Senin (19/10/2020) di kediaman mempelai wanita. Resespsi ke dua,...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more