Gudang Tembakau Soko, Serap Tenaga Kerja Warga Sekitar

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Gudang pengolahan tembakau yang berada di Desa Sokosari, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban, tepatnya berada sebelah barat pertigaan pasar setempat, dirasa memberikan cukup banyak menyerap lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar desa tersebut.

Gudang yang beroperasi untuk mengelola sortir kualitas tembakau, serta filterasi finishing itu telah beroperasi lebih dari 10 tahun. Lebih lama beroperasi ketimbang pabrik ataupun gudang tembakau di wilayah sekitar Tuban dan Bojonegoro.

"Sejak tahun 2008, gudang telah beroperasi. Hingga saat pekerjanya yang dari sekitar desa ini sendiri ada lebih dari 50 orang," papar Yakob, selaku pengawas gudang kepada blokTuban.com, Sabtu (3/2/2018).

Pihaknya menambahkan, selain pekerja tetap di pabrik gudang tembakau tersebut, juga ada pegawai dari luar daerah Kecamatan Soko yang khusus diinstruksikan untuk menambah jumlah pegawai.

"Selain dari sekitar desa sini, seperti Mentoro, Bangunrejo, Mojoagung, Simo dan lainnya, ada juga beberapa pegawai dari wilayah Kecamatan Kapas dan Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro," imbuhnya.

Sementara itu, salah seorang pegawai bagian olah filter finishing mengatakan, bahwa adanya gudang pengolahan tembakau di desa itu sangat membantu para warga sekitar untuk menambah pundi rupiah.

"Di sini kerjanya ya begini, olah tembakau setengah jadi, tentu juga sangat membantu warga untuk menambah pemasukan dengan mengerjakannya di rumah. Selain digarap di sini, juga boleh dibawa pulang untuk dikerjakan pas waktu luang," kata Marsinah, salah seorang pegawai. [feb/rom]

gudang-tembakau-1