13:00 . Wartawan Tuban Mulai Divaksin   |   12:00 . 106 Pelanggar Prokes Tuban Terjaring Razia Pengawasan PPKM Mikro   |   08:00 . TPPI Serahkan 5.000 Masker, Desinfektan dan Hand Sanitizer ke Kodim 0811   |   07:00 . Kaki Sulit Diangkat, Waspadai Gejala Diabetes   |   18:00 . Isi Waktu Luang, Anak-anak di Tambakboyo Dilatih Buat Sabun   |   17:00 . Berikut Desa dengan DD dan ADD Terbesar dan Terkecil di Tuban   |   16:00 . Semangat Mbah Sumiran 40 Tahun Jajakan Es Dengan Sepeda   |   15:00 . Komisi C DPRD Jatim Berharap Warga Kurangi Pengeluaran yang Bersifat Konsumtif   |   14:00 . Isi Waktu Luang, Anak-anak di Tambakboyo Dilatih Buat Sabun   |   13:00 . Gubuk Reyot Kakek di Tuban Batal Dibedah Pemkab   |   12:00 . Peluang Rumput Vetifer jadi Sumber Ekonomi Warga Tuban   |   11:00 . Dua Atlet Sepeda Balap Tuban Tunjukkan Kelasnya di Jombang   |   10:00 . Pamit Istri Ke Kebun, Petani Gedongombo Ditemukan Gantung Diri di Gubuk   |   09:00 . Sempat Naik, Harga Telur Ayam Mulai Turun   |   08:00 . Harga Rambutan Murah, Pembeli Ramai   |  
Tue, 02 March 2021
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Ha..! Data Kurang Valid, Ada Warga Kurang Mampu Tak Dapat Rastra?

bloktuban.com | Friday, 02 February 2018 14:00

Ha..! Data Kurang Valid, Ada Warga Kurang Mampu Tak Dapat Rastra?

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Pembagian beras sejahtera (rastra) yang hadir sebagai pengganti nama beras miskin (raskin) untuk masyarakat, dinilai masih kurang tepat sasaran. Seperti kata warga di Desa Jegulo, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Komentar warga memang bukan tanpa alasan, hal tersebut ditunjukkan dengan kurangnya akurasi data warga penerima rastra yang kurang merata. Memang sebagian warga menengah ke bawah serta kurang mampu telah mendapatkan jatah rastra sebesar 10 kilogram (Kg) yang ditukar melalui 1 buah tiket nomor antrea.

Namun ironisnya, disisi lain beberapa warga kurang mampu serta janda tua yang notabenya kekurangan di desa tersebut, nyatanya luput dari pendataan pemerintah kabupaten pusat.

"Ini dapat jatah pembagian bantuan beras. Satu karcis dapat 10 Kg beras kemasan bulog. Tapi sayang pembagian kurang merata, warga kurang mampu ada yang gak kebagian, warga yang mampu malah ada yang dapat," kata Noval, seorang warga Dusun Gambor-Jegulo yang mendapat bantuan rastra.

Sementara itu, pihak pemerintah desa (Pemdes) setempat yang bertugas mengawasi dan melakukan pembagian bantuan rastra juga membenarkan adanya ketidakvalidan data warga yang menerima bantuan.

"Memang data dari Dinas Sosial Pemerintah Pusat dan Pemerintah Kabupaten masih terbilang lama dan kurang valid. Perlu adanya pembaharuan data supaya lebih tepat sasaran," ungkap Rudin, selaku Kaur Kesra desa setempat saat ditemui blokTuban.com di lokasi pembagian rastra, Jumat (2/2/2018).

Pihaknya banyak berharap agar pemerintah pusat melakukan revisi ulang pendataan warga kurang mampu, agar pembagian rastra bisa lebih maksimal dan merata.

"Kedepannya semoga pemerintah bisa mendata ulang sasaran warga yang kurang mampu supaya lebih bermanfaat dan dimaksimalkan warga yang menerima bantuan," pungkasnya. [feb/rom]

rastra-5_1

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : rastra, raskin, bantuan beras, beras miskin



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Wednesday, 30 December 2020 17:00

    Cangkruk Mathuk Bersama EMCL

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara Pasca dilaksankan Cangkruk Mathuk dalam jaringan (daring) yang digelar operator Lapangan Banyuurip, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bersama para wartawan 3 Kabupaten pada Rabu (25/11/2020), dilanjutkan dengan lomba essay dan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more