Ingat Congklak? Permainan Zaman Old yang Mulai Hilang

Kontributor: Hafid Saifuddin

blokTuban.com - Zaman dulu (Old) banyak permainan yang bisa dibilang tak secanggih zaman sekarang, saat itu banyak permainan yang didominasi unsur sederhana juga tradisional.

Dulu berbagai permainan tradisional banyak dijumpai di pedagang-pedagang mainan yang ada di berbagai tempat. Namun sekarang sangat susah sekali untuk menemukan mainan tradisional tempo dulu dan hanya menyisakan beberapa permainan saja yang masih bertahan, salah satunya adalah dakon atau congklak.

Dakon sendiri saat ini jarang diketahui oleh anak zaman sekarang (Now). Memang masih ada yang menjual mainan tradisional ini, namun tidak terlalu banyak apalagi tahu.

"Jarang anak-anak zaman sekarang yang cari dakon atau congklak, kebanyakan cari mainan lain, makanya saya cuma nyetok beberapa saja," ucap Agus penjual mainan keliling ketika ditanya blokTuban.com, Selasa (30/1/2018).

Senada dengan Agus, Abdul yang juga seorang penjual mainan di pasar Tuban mengatakan, jarang sekali yang mencari mainan tradisional salah satunya congklak apalagi anak-anak zaman sekarang.

Permainan yang dimainkan dua orang dengan cara memasukkan biji-bijian ke lubang ini menjadi salah satu  permainan tradisional yang harus dijaga, agar tidak hilang dan punah atau tergantikan oleh permainan modern terutama game online. [din/rom]

*Kontributor adalah mahasiswa Fisip Unirow magang di blokTuban.com.