Pedagang Akui Harga Cabai di Tuban Terus Menurun

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Harga komuditas cabai belakangan ini terus mengalami penurunan. Kondisi tersebut berbanding terbalik saat menghadapi tahun baru hingga pertengahan Januari 2018 lalu yang terus meroket.

Jasmirah (41), salah satu pedagang sayuran di Pasar Bangilan, Kabupaten Tuban mengatakan, harga cabai merah hari ini, Sabtu (20/1/2018) tinggal Rp26.000 per kilogram (kg). Padahal sebelumnya, harga bumbu dapur yang memiliki rasa pedas tersebut sempat berada di harga Rp40.000 per kg.

"Ya begitulah harga cabai. Jangan kaget," ucap Jasmirah saat dmintai keterangan blokTuban.com, Sabtu (20/1/2018).

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Tuban ketika dikonfirmasi wartawan media ini belum memberi penjelasan terkait penyebab turunnya harga cabai di wilayahnya. Pihaknya mengaku, akan mengecek di lapangan.

"Saya cek dulu," singkat Kepala Diskoperindag Kabupaten Tuban, Agus Wijaya melalui pesan singkat yang dikirim ke wartawan.

Sementara itu data yang berhasil dihimpun blokTuban.com di tiga pasar milik pemerintah kabupaten Tuban hampir semua jenis cabai mengalami penurunan harga. Baik cabai jenis keriting, biasa, dan cabai rawit.

Di pasar Bangilan misalnya, harga cabai keriting selama satu minggu ini mengalami penurunan harga kisaran Rp2000 per kg. Sedangkan jenis cabai lainnya terpantau stabil.

Sementara di pasar Jatirogo, penurunan harga terjadi pada cabai rawit. Harga yang sebelumnya mencapai Rp25.000 kini tinggal Rp19.000 per kg.

Sedangkan di pasar Baru Tuban, semua jenis cabai mengalami penurunan. Cabai keriting yang sebelumnya Rp38.000 kini tinggal Rp32.000 per kg. Kemudian harga cabai biasa yang sempat meningkat menjadi Rp42.000 saat ini tinggal Rp37.000 per kg. Sedangkan harga cabai rawit yang awalnya Rp38.000 tinggal Rp27.000 per kg. [rof/ito]