18:00 . Ini Perusahaan yang Berhasil Menyabet CSR Award Kabupaten Tuban   |   17:00 . 108 Perusahaan di Tuban, Hanya 33 Memberikan Laporan CSR   |   16:00 . Bupati Tuban Tindak Tegas Perusahaan yang 'Malas' Lapor CSR   |   15:00 . Tak Lapor CSR, Bupati Akan Tindak Tegas   |   14:00 . BPJS Dinilai Gagal, LMND-SRMI Tawarkan Jamkesrata   |   13:00 . Semen Indonesia Optimalkan Website Desa di Tuban   |   12:00 . Dilema Pembangunan Tanggul Bengawan Solo   |   11:00 . Proyek Jembatan Rengel, Tuban Kebagian Pembebasan Lahan   |   08:00 . Sahabat Pertamina Makin Dekat Warga   |   07:00 . Ujian Nasional Dihapus, 8 Hal Ini Perlu Orang Tua Tahu   |   17:00 . Di Hadapan Petinggi Sekber Poros Perubahan, Kang Yudi Beberkan Visi Misi   |   16:00 . Karya Bakti Program Rutilahu, Koramil Merakurak Renovasi 21 Rumah Warga Tidak Layak Huni   |   15:00 . Tingkatkan SDM, Pemuda Kedungsoko Ikuti Pelatihan Jurnalistik   |   14:00 . 17 Tim Ikuti Turnamen Futsal Camat Tuban Cup   |   13:00 . Aliansi Pemuda Tuban Dukung Setiajit jadi Bupati   |  
Mon, 16 December 2019
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Sunday, 07 January 2018 22:00

Ma’had Aly Al-Hasaniyyah Resmikan Lajnah Falakiyah

Ma’had Aly Al-Hasaniyyah Resmikan Lajnah Falakiyah

Pengirim: Robbah Munjiddin Ahmada

blokTuban.com - Memasuki minggu pertama tahun 2018, Ma’had Aly Al Hasaniyyah Senori, Kabupaten Tuban meresmikan Lajnah Falakiyah, Sabtu (6/1/2018), bertempat di Aula Komplek Al Khadijah Pondok Pesantren Putra-Putri dan Majlis Ta’lim (PPM) Daruttauhid Al Hasaniyyah. Hadir segenap jajaran pengasuh dan seluruh Mahasantri.

Secara resmi pengasuh PPM Daruttauhid Al Hasaniyyah, Kiai Ach. Husam sembari mengucap basmalah mengatakan, Lajnah Falakiyah Ma’had Aly Al Hasaniyyah resmi berdiri.

“Dengan mengucap bismillahirrohmanirrohim, saya resmikan Lajnah Falakiyah Ma’had Aly (LFMA) Al Hasaniyyah,” tuturnya.

Dalam sambutannya, Kiai yang juga Anggota DPRD Kabupaten Tuban ini menegaskan, bahwa diresmikannya LFMA Al Hasaniyyah adalah perkembangan positif dalam pendidikan Islam, lebih-lebih di bidang Ilmu Falak.

Ia menyebut, jika hasil kajian Ilmu Falak senantiasa menjadi hal yang ditunggu-tunggu setiap tahunnya oleh umat Islam. “Ibadah puasa, termasuk zakat, mutlak memerlukan kajian Ilmu Falak. Belum lagi gerhana, atau fenomena alam lainnya. Di sisi lain, peresmian lajnah ini juga menjadi kabar gembira, mengingat di Kecamatan Senori sedang dibangun Menara Pengamatan Hilal oleh Badan Hisab Rukyat (BHR) Kabupaten Tuban,” sebut Kiai alumnus Pesantren Al Falah, Kediri ini.

Hal senada juga disampaikan Mudir Ma’had Aly Al Hasaniyyah, Kiai Abdullah Hasyim. Dalam penuturannya, ia juga mengamini betapa pentingnya Ilmu Falak dalam peribadatan umat Islam. Sebagai pimpinan Ma’had Aly ia sekaligus berharap, bahwa setelah diresmikan lajnah ini bisa bermanfaat bagi umat. “Lajnah Falakiyah harus melahirkan mahasantri yang mampu menjawab persoalan umat di bidang falak secara syar’i dan tentu ilmiah,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, saat dikonfirmasi, Koordinator LFMA Al Hasaniyyah, Ahmad Syafi’i, merasa gembira di tengah pembangunan Menara Pengamatan Hilal di Kecamatan Senori.

“Beberapa hari yang lalu, kami telah berkunjung ke Menara Pengamatan Hilal. Tentu kami turut merasa gembira dengan dibangunnya menara ini. Kedepan, kami berharap LFMA Al Hasaniyyah dapat memberikan sumbangsih positif dalam perkembangan Ilmu Falak,” ungkapnya.

Setelah seremonial peresmian usai, LFMA Al Hasaniyyah secara bersambung mengadakan Pelatihan Falak selama dua hari, pada Sabtu-Minggu (6-7/1/2017) bertempat di Laboratorium Komputer PPM Daruttauhid Al Hasaniyyah. [rom]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : ilmu falak, ma'had aly al hasaniyyah, lajnah falakiyah



Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Tuesday, 10 December 2019 22:00

    MbolangBareng JuruWarta Berdasar Fakta

    Dewan Pers: Banyak yang Manfaatkan Keistimewaan Wartawan

    Dewan Pers: Banyak yang Manfaatkan Keistimewaan Wartawan Dalam kegiatan MbolangBareng JuruWarta Berdasar Fakta yang digelar ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bersama Tempo Institute, menghadirkan Ketua Bidang Pendidikan dan Pengembangan Profesi dari Dewan Pers, Jamalul Insan....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more