15:00 . Kembali Nahkodai BPC Hipmi Tuban, Prasetiya Bagus Komitmen Bimbing UMKM   |   14:00 . Blak-Blakan, Gabungnya De Anwar, dan Strategi Pemenangan Ana-Anwar   |   13:00 . BPC Hipmi Tuban Gelar Muscab ke II   |   11:00 . Pemuda Sidomulyo Mulai Prihatin Masalah Sampah   |   10:00 . Corona di Palang Tembus 52 Kasus, Semakin Banyak Warga Pakai Masker   |   07:00 . Mi Instan dan Nasi Putih, Mana yang Lebih Tinggi Kalorinya?   |   22:00 . BPPSDMP Kementerian Pertanian Kunker di BPP Rengel   |   21:00 . Jelang Penetapan Nomor Paslon, KPU Sosialisasikan Protokol Kesehatan   |   20:00 . Pasien Positif Covid-19, Terbanyak di Kecamatan Tuban   |   19:00 . Pegawai Bank Jadi Korban Begal Payudara Berulang Kali   |   18:00 . Rapat Kerja, Wihadi Minta Ada Satpolair dan Kapal Patroli di Laut Tuban   |   17:00 . Peduli Kesehatan Santri, Ini yang Dilakukan Dandim 0811   |   16:00 . Konflik Kepengurusan Diharap Segera Berakhir dan Klenteng Segera Dibuka   |   15:00 . Ini yang Dilakukan Setiajit saat Datangi Pantai Semilir   |   14:00 . Puluhan Sound System Gemparkan Lapangan Singkil   |  
Sun, 20 September 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Sunday, 07 January 2018 22:00

Ma’had Aly Al-Hasaniyyah Resmikan Lajnah Falakiyah

Ma’had Aly Al-Hasaniyyah Resmikan Lajnah Falakiyah

Pengirim: Robbah Munjiddin Ahmada

blokTuban.com - Memasuki minggu pertama tahun 2018, Ma’had Aly Al Hasaniyyah Senori, Kabupaten Tuban meresmikan Lajnah Falakiyah, Sabtu (6/1/2018), bertempat di Aula Komplek Al Khadijah Pondok Pesantren Putra-Putri dan Majlis Ta’lim (PPM) Daruttauhid Al Hasaniyyah. Hadir segenap jajaran pengasuh dan seluruh Mahasantri.

Secara resmi pengasuh PPM Daruttauhid Al Hasaniyyah, Kiai Ach. Husam sembari mengucap basmalah mengatakan, Lajnah Falakiyah Ma’had Aly Al Hasaniyyah resmi berdiri.

“Dengan mengucap bismillahirrohmanirrohim, saya resmikan Lajnah Falakiyah Ma’had Aly (LFMA) Al Hasaniyyah,” tuturnya.

Dalam sambutannya, Kiai yang juga Anggota DPRD Kabupaten Tuban ini menegaskan, bahwa diresmikannya LFMA Al Hasaniyyah adalah perkembangan positif dalam pendidikan Islam, lebih-lebih di bidang Ilmu Falak.

Ia menyebut, jika hasil kajian Ilmu Falak senantiasa menjadi hal yang ditunggu-tunggu setiap tahunnya oleh umat Islam. “Ibadah puasa, termasuk zakat, mutlak memerlukan kajian Ilmu Falak. Belum lagi gerhana, atau fenomena alam lainnya. Di sisi lain, peresmian lajnah ini juga menjadi kabar gembira, mengingat di Kecamatan Senori sedang dibangun Menara Pengamatan Hilal oleh Badan Hisab Rukyat (BHR) Kabupaten Tuban,” sebut Kiai alumnus Pesantren Al Falah, Kediri ini.

Hal senada juga disampaikan Mudir Ma’had Aly Al Hasaniyyah, Kiai Abdullah Hasyim. Dalam penuturannya, ia juga mengamini betapa pentingnya Ilmu Falak dalam peribadatan umat Islam. Sebagai pimpinan Ma’had Aly ia sekaligus berharap, bahwa setelah diresmikan lajnah ini bisa bermanfaat bagi umat. “Lajnah Falakiyah harus melahirkan mahasantri yang mampu menjawab persoalan umat di bidang falak secara syar’i dan tentu ilmiah,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, saat dikonfirmasi, Koordinator LFMA Al Hasaniyyah, Ahmad Syafi’i, merasa gembira di tengah pembangunan Menara Pengamatan Hilal di Kecamatan Senori.

“Beberapa hari yang lalu, kami telah berkunjung ke Menara Pengamatan Hilal. Tentu kami turut merasa gembira dengan dibangunnya menara ini. Kedepan, kami berharap LFMA Al Hasaniyyah dapat memberikan sumbangsih positif dalam perkembangan Ilmu Falak,” ungkapnya.

Setelah seremonial peresmian usai, LFMA Al Hasaniyyah secara bersambung mengadakan Pelatihan Falak selama dua hari, pada Sabtu-Minggu (6-7/1/2017) bertempat di Laboratorium Komputer PPM Daruttauhid Al Hasaniyyah. [rom]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : ilmu falak, ma'had aly al hasaniyyah, lajnah falakiyah



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Saturday, 22 August 2020 14:00

    KONGRES KEDUA AMSI

    AMSI: Brand yang Sehat Harus Tampil di Konten yang Sehat

    AMSI: Brand yang Sehat Harus Tampil di Konten yang Sehat blokTuban.com - Jakarta - Kongres Kedua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) resmi dibuka hari ini, Sabtu (22/8/2020). Kongres yang digelar secara virtual, karena berlangsung di tengah pandemi Covid-19, akan berlangsung...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more