Tingkatkan Kapasitas, TPID Gelar Pelatihan

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Tim Pelaksanaan Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Bangilan menggelar pelatihan peningkatan kapasitas, Sabtu (16/12/2017). Kegiatan yang digelar di ruang pertemuan Kecamatan Bangilan itu berlangsung satu hari dengan dampingan pendamping desa P3MD setempat.

Pendamping Desa Pemberdayaan (PDP) P3MD Tuban di Bangilan, A. Isful Fuadi mengatakan, kegiatan peningkatan kapasitas yang diberikan kepada TPID ini sebagai persiapan sebelum mereka mengelola dana bantuan pemerintah Pengelolaan Pengetahuan Inovasi Desa (PPID). Sebelum kegiatan ini, kata dia, sudah dilakukan orientasi awal kepada tim terkait langkah-langkah kerja yang harus difasilitasi.

"Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi anggota TPID, meliputi penguatan hak dan kewajiban, dan mekanisme kerja," terang Fuad saat ditemui di lokasi.

Sementara itu, Kasie PMD Kecamatan Bangilan, Slamet dalam membuka pelatihan itu menuturkan, hadirnya tim TPID di Kecamatan Bangilan ini diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat desa.

Tim TPID juga diharapkan mampu menyelesaikan masalah atau memanfaatkan potensi desa. Dengan pengalaman yang dimiliki, diharapkan mampu mengaplikasikan secara berkelanjutan.

"Semoga dengan adanya tim TPID ini potensi desa di Bangilan dapat dimaksimalkan," pungkas Slamet. [rof/rom]