Kontributor: M. Anang Febri

blokTuban.com - Bangunan pintu air yang baru berdiri kokoh di Desa Mojoagung, Kecamatan Soko memunculkan harapan baru bagi para petani setempat.

Pintu air yang berada di sudut kelokan jalan setempat itu sudah siap dipergunakan warga untuk menampung air hujan, aliran sungai, dan air bengawan untuk kemudian disalurkan ke sawah-sawah warga.

Ditemui di lokasi pintu air yang baru saja selesai digarap dengan waktu 1 setengah bulan tepat itu, Haji Makmur selaku pengarah dan pemegang proyek berharap agar ke depan bangunan tersebut bisa meningkatkan hasil dari pada olah pertanian warga.

"Kita sudah buatkan pintu air sedemikian rupa, semoga bisa digunakan dengan maksimal oleh warga kita," terang H. Haji Makmur yang juga suami dari Kepala Desa (Kades) Mojoagung Kepada blokTuban.com, Jumat (15/12/2017).

Dari hasil bantuan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban dan ditambah dengan beberapa dana pribadinya, bangunan pintu air dan jalanan baru itu rencananya akan diajukan Jalan Usaha Tani (JUT) juga ke Dinas Kabupaten yang berwenang.

"Nantinya akan diajukan JUT juga ke Dinas Pertanian dan Dinas Pengairan untuk pengembangan yang lebih maksimal," imbuhnya.

Pihaknya sangat berharap, adanya jenis pembangunan tersebut bisa mengembangan area pertanian warga, "Agar petani bisa panen setiap waktu, setiap saat. Meskipun kemarau, juga bisa panen maksudnya. Petani harus lebih berkembang dan lebih produktif lagi tentunya," pungkasnya.[feb/col]