16:00 . Setelah Lama Mati Suri, Hari Ini Pepadi Bangkit Kembali   |   15:00 . Sergab, Bulog Terima 70 Ton beras dari Petani   |   14:00 . Vendor Gathering, BPJS Sosialisasikan Program   |   13:00 . Bupati Fathul Huda Minta Pers Tetap Kritis   |   12:00 . Penjual Minuman Beralkohol di 3 Kecamatan Diminta Urus Ijin   |   10:00 . Duh...! Penjual Sate Simpan Arak Dalam Termos Nasi   |   09:00 . Turnamen Futsal Antar Instansi Meriahkan Puncak HPN PWI Tuban   |   08:00 . Pertamina EP Raih Best of The Best APQ Awards 2019   |   07:00 . Dua Alasan Kenapa Kita Suka Menunda-Nunda (dan Solusinya)   |   21:00 . Semen Indonesia Mulai Gelar Bimbingan Manasik Haji di Tuban   |   17:00 . Kodim 0811 Tuban Matangkan Persiapan Penutupan TMMD   |   16:00 . Hari Perdana UNBK, Siswa SMK Mengaku Grogi   |   15:00 . ULAR SANCA KEMBANG TERTANGKAP WARGA BANGILAN   |   14:00 . Surat Suara Pemilu 2019 Sudah Terpenuhi, Ini Jumlahnya   |   13:00 . Tuban Targetkan 840 Sekolah Ramah Anak di 2019   |  
Tue, 26 March 2019
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Thursday, 14 December 2017 17:00

Maksimalkan Peran Santri, Assalam Gelar Class Meeting

Maksimalkan Peran Santri, Assalam Gelar Class Meeting

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Kegiatan positif usai berakhirnya imtihan (Ujian) semester gasal berupa Class Meeting sangat dinanti santri. Sebab, berbagai agenda dan kegiatan lomba menarik antar santri di setiap kelas akan tersaji dalam kegiatan tersebut.

Class meeting selain untuk mengisi waktu setelah kegiatan belajar mengajar selesai, juga sebagai ajang mempertemukan santri dari berbagai jenjang untuk berkompetisi dalam berbagai perlombaan.

Kulliyatul Muallimin Walmuallimat Al Islamiyah (KMI) Assalam Bangilan Putri melalui Organisasi Santri Pondok Pesantren Assalam (OSPA)-nya pun menyelenggarakan class meeting bertajuk 'Ramayana 2017 (Performa Maha Seni Karya Akbar Santriwati Assalam )'.

"Dengan adanya class meeting yang di awali hari ini, Kamis (14/12/2017) bertujuan untuk memupuk dan memajukan kreasi serta talenta santri Assalam," terang ketua panitia class meeting, Dian Masruroh.

Santriwati kelas 5 KMI Assalam itu menambahkan, kegiatan tersebut akan digelar dalam beberapa bentuk perlombaan. Di antaranya, lomba bidang pengetahuan agama, olahraga, dan seni keislaman.

Kegiatan tersebut dinilai bisa dikatakan kegiatan paling menyenangkan selama satu semester menempuh studi. Semangat santriwati berlomba berkobar begitu tersirat dari tampilannya.

"Selain itu, dalam class meeting juga mendidik santri menjunjung tinggi sportifitas dan kejujuran," tandasnya.

Sementara itu, Direktur KMI Assalam Bangilan, KH. Yunan Jauhar menuturkan, kegiatan santri di pondok pesantren selama 24 jam akan menentukan nilai raport pondok secara umum.

Kurikulum pondok pesantren beber beliau, mulai bangun tidur termasuk mata pelajaran, berangkat tidur termasuk kurikulum, membangunkan anak termasuk kurikulum, keliling malam termasuk kurikulum, berpramuka termasuk kurikulum, berorganisasi termasuk kurikulum pondok pesatren assalam.

"Pelajaran umum seperti matematika, fisika, fiqih, hadits juga termasuk kurikulum. Oleh karena itu totalitas Pondok ini yang menentukan raport pondok pesantren Assalam secara umum dan secara detail," ulas Abah Yunan, begitu ia disapa.

Pihaknya berharap, santri Pondok Pesantren Assalam harus bisa menjadi benteng dari upaya penghancuran Islam (De-Islamisasi), mengisolasi Islam, pemojokan dan peminggiran tuntunan-tuntunannya. Santri harus mampu berpijak pada inti amanatnya yaitu Islamisasi kehidupan menuju ridho Allah SWT.

“Pesantren benteng moral, santri lah yang melawan penjajah dan penjajahan. Demikianlah sejarah mencatat," pungkasnya. [rof/ito]

Tag : classmeeting, kmi, bangilan

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 04 March 2019 08:00

    Pondok Literasi

    Pondok Literasi Saat ini lagi gencar-gencarnya gerakan litersai. Di mana-mana ada komunitas baca, tadarus puisi dan dan bedah buku, yang arahnya untuk menumbuhkan cinta membaca. Baru sebagian kecil kegiatan di Kabupaten...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 09 February 2019 13:00

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp Sehubungan dengan maraknya kembali modus penipuan rekrutmen Holcim yang beredar lewat akun media sosial WhatsApp, masyarakat di Kabupaten Tuban, Jawa Timur dan sekitarnya diminta waspada. Semua pihak harus lebih hati-hati,...

    read more