19:00 . Kerjasama Kartarcam Soko Bareng Forkopimka Cegah Bahaya Corona   |   18:00 . Anggaran Reses dan Kunker DPRD Dialihkan untuk Pencegahan Covid-19   |   17:00 . GM Pertamina EP Asset 4 Pastikan CPP Gundih Aman   |   16:00 . Bupati Tuban Alihkan Belanja Langsung Rp60 Miliar untuk Tangani Corona   |   15:00 . Zona Merah, Berkumpul Lebih dari Lima Orang Dibubarkan   |   14:00 . Keluarga Pasien Positif Corona Karantina Mandiri   |   10:00 . Begini Cara SIG Penuhi Banyaknya Permintaan Masker   |   09:00 . Zona Merah, Petugas Razia Warkop, Temukan Arak dan Suruh Pulang Pengunjung   |   08:00 . Hasil Tes Keluarga Pasien Positif Covid-19 Dinyatakan Negatif   |   07:00 . Haruskah Kita Berteman dengan Mantan? Begini Kata Ahli   |   21:00 . Pemkab Tetapkan, Tuban Darurat Covid-19   |   20:00 . Perhatikan Dampak Ekonomi, Wihadi Bagikan Sembako   |   18:00 . Satu Pasien Positif Corona Membaik, Kadinkes: Tiga Hari Lagi Pulang   |   17:00 . Tuban Zona Merah, Dua PDP Positif Covid-19   |   16:00 . Imbas Covid-19, Pembeli Daging Sapi Mayoritas Konsumen Rumah Tangga   |  
Fri, 10 April 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Thursday, 14 December 2017 17:00

Maksimalkan Peran Santri, Assalam Gelar Class Meeting

Maksimalkan Peran Santri, Assalam Gelar Class Meeting

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Kegiatan positif usai berakhirnya imtihan (Ujian) semester gasal berupa Class Meeting sangat dinanti santri. Sebab, berbagai agenda dan kegiatan lomba menarik antar santri di setiap kelas akan tersaji dalam kegiatan tersebut.

Class meeting selain untuk mengisi waktu setelah kegiatan belajar mengajar selesai, juga sebagai ajang mempertemukan santri dari berbagai jenjang untuk berkompetisi dalam berbagai perlombaan.

Kulliyatul Muallimin Walmuallimat Al Islamiyah (KMI) Assalam Bangilan Putri melalui Organisasi Santri Pondok Pesantren Assalam (OSPA)-nya pun menyelenggarakan class meeting bertajuk 'Ramayana 2017 (Performa Maha Seni Karya Akbar Santriwati Assalam )'.

"Dengan adanya class meeting yang di awali hari ini, Kamis (14/12/2017) bertujuan untuk memupuk dan memajukan kreasi serta talenta santri Assalam," terang ketua panitia class meeting, Dian Masruroh.

Santriwati kelas 5 KMI Assalam itu menambahkan, kegiatan tersebut akan digelar dalam beberapa bentuk perlombaan. Di antaranya, lomba bidang pengetahuan agama, olahraga, dan seni keislaman.

Kegiatan tersebut dinilai bisa dikatakan kegiatan paling menyenangkan selama satu semester menempuh studi. Semangat santriwati berlomba berkobar begitu tersirat dari tampilannya.

"Selain itu, dalam class meeting juga mendidik santri menjunjung tinggi sportifitas dan kejujuran," tandasnya.

Sementara itu, Direktur KMI Assalam Bangilan, KH. Yunan Jauhar menuturkan, kegiatan santri di pondok pesantren selama 24 jam akan menentukan nilai raport pondok secara umum.

Kurikulum pondok pesantren beber beliau, mulai bangun tidur termasuk mata pelajaran, berangkat tidur termasuk kurikulum, membangunkan anak termasuk kurikulum, keliling malam termasuk kurikulum, berpramuka termasuk kurikulum, berorganisasi termasuk kurikulum pondok pesatren assalam.

"Pelajaran umum seperti matematika, fisika, fiqih, hadits juga termasuk kurikulum. Oleh karena itu totalitas Pondok ini yang menentukan raport pondok pesantren Assalam secara umum dan secara detail," ulas Abah Yunan, begitu ia disapa.

Pihaknya berharap, santri Pondok Pesantren Assalam harus bisa menjadi benteng dari upaya penghancuran Islam (De-Islamisasi), mengisolasi Islam, pemojokan dan peminggiran tuntunan-tuntunannya. Santri harus mampu berpijak pada inti amanatnya yaitu Islamisasi kehidupan menuju ridho Allah SWT.

“Pesantren benteng moral, santri lah yang melawan penjajah dan penjajahan. Demikianlah sejarah mencatat," pungkasnya. [rof/ito]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : classmeeting, kmi, bangilan



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Friday, 17 January 2020 12:00

    Poling blokTuban.com Menganulir Suara Ganda oleh Robot

    Poling blokTuban.com Menganulir Suara Ganda oleh Robot Sistem polling yang diadakan blokTuban.com mulai Kamis (16/1/2020) kemarin, untuk mengukur partisipasi pembaca terkait sosok Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Tuban mendeteksi keberadaan bot/robot yang memilih lebih dari satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more