19:00 . Tuban Banjir, Hingga Minggu Malam Hujan Belum Reda   |   15:00 . Marak ODGJ Awal Tahun 2021, Ini Kata Kasatpol PP Tuban   |   14:00 . Operasi Yustisi, 4 Orang Tak Pakai Masker Diminta Push Up   |   12:00 . Pemkab Tuban Inginkan Jalan Pantura Dibeton   |   10:00 . Pecinta Sepeda Tua Asal Rengel Ditemukan Meninggal di Plumpang   |   07:00 . Tips Tampil Elegan Tanpa Habiskan Banyak Uang   |   16:00 . Dandim Tuban Tanam Pohon di Kawasan Air Terjun Nglirip   |   15:00 . Meski Dihimpit Pandemi, Capaian BAZNAS Tuban Lampaui Target   |   14:00 . Anggota DPRD di Tuban Mengecat Lubang Jalan yang Bahayakan Pengendara   |   13:00 . Unirow Tuban Peringkat 154 dari 2.136 Perguruan Tinggi se-Indonesia   |   12:00 . Hindari Tumpahan Kalsium di Jalur Pantura, Pengendara Motor Jatuh   |   10:00 . Inilah Kriteria Orang Tak Bisa Disuntik Vaksin Covid-19 Sinovac   |   07:00 . Orangtua, Yuk Kenali Gaya Belajar Anak!   |   17:00 . KPU Tuban Tetapkan Lindra-Riyadi Sebagai Bupati dan Wabup Terpilih   |   11:00 . Terapkan Sistem Tiket, Rumah Persinggahan Gelar Pameran Seni Rupa   |  
Sun, 24 January 2021
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Implementasikan HAM dan Profesi Pendidik, Kesbangpol Gelar FGD

bloktuban.com | Thursday, 14 December 2017 12:00

Implementasikan HAM dan Profesi Pendidik, Kesbangpol Gelar FGD

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Guna menegakkan komitmen atas hak asasi manusia (HAM) khususnya pelayanan dasar, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban melalui Kantor Kesbangpol Tuban menggelar Forum Group Discussion (FGD) implementasi HAM bagi pendidik di Bumi Wali (se butan Tuban). Kegiatan FGD yang digelar di salah satu hotel di Tuban itu berlangsung satu hari, Kamis (14/12/2017).

Kepala Kantor Kesbangpol Tuban, Hari Sunarno mengatakan, kegiatan FGD ini dilakukan untuk memberi pemahaman terkait hak dan kewajiban pendidik. Selain itu juga sebagai bantuan hukum yang merupakan proteksi bagi masyarakat dengan tujuan memberi penjelasan dan petunjuk.

"Bantuan hukum merupakan proteksi bagi masyarakat terkait hukum dan HAM dan pemahaman tentang penghormatan HAM, khususnya proses belajar mengajar," kata Hari di hadapan peserta FGD.

Menurut Hari, adanya diskusi HAM bagi pendidik sangat bermanfaat mengingat seringnya tindak kekerasan yang terjadi di dunia pendidikan. Sehingga dapat memberi solusi bersama dalam peningkatan pengetahuan hukum di bidang HAM dalam mewujudkan penyelenggaraan pendidikan berkualitas.

Pihaknya juga mencontohkan, berbagai kasus pernah terjadi, seperti murid dipukul dan dimarahi guru hingga berdampak pidana. Untuk itu, Pemkab Tuban mendorong semua pihak untuk menyamakan persepsi serta pemahannya tentang HAM.

"Ada kasus pelanggaran yang terjadi seperti marahin dan pukul murid masuk pidana dan melanggara HAM, akhirnya guru jadi masa bodoh yang penting dapat sertifikasi. Inilah yang perlu diliruskan agar semuanya memahami HAM sesuai aturan," ulas Hari panjang lebar.

Masih Hari, semua pendidik di Tuban diharapkan mampu mengimplementasikan konsep pendidikan berbasis HAM. Maka dianggap penting adanya proses pembelajaran yang berbasis pemenuhan hak anak.

"Sangat dibutuhkan proses pembelajaran berbasis pemenuhan hak anak dengan menciptakan suasana kondusif dan meningkatkan kualitas emosi positif," pungkas Hari. [rof/ito]

 

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : ham, pendidikan, anak



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Wednesday, 30 December 2020 17:00

    Cangkruk Mathuk Bersama EMCL

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara Pasca dilaksankan Cangkruk Mathuk dalam jaringan (daring) yang digelar operator Lapangan Banyuurip, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bersama para wartawan 3 Kabupaten pada Rabu (25/11/2020), dilanjutkan dengan lomba essay dan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more