Plumpang akan Adakan Doa Bersama untuk Palestina

Kontributor: M. Anang Febri

blokTuban.com - Pernyataan kontroversial Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump perihal klaim sepihak yang mengakui Yerussalem sebagai Ibu Kota Israel memicu kecaman dari berbagai belahan dunia.

Yang lebih menyedihkan lagi, klaim tersebut membuat proses perdamaian di Timur Tengah terancam dan menyulut rentetan kerusuhan antara penduduk Palestina dan tentara Zionis Israel.

Sebab itu, sebagai bagian dari dukungan kemanusiaan dan dukungan sesama muslim, para Kyai NU dan berbagai elemen masyarakat di kecamatan Plumpang akan mengadakan Isthigosah dan Doa bersama bertajuk 'Munajjah Mengetuk Pintu Langit, untuk Keselamatan Palestina'.

Acara yang rencananya akan digelar pada hari Minggu, 17 Desember 2017 nanti, sepenuhnya didukung oleh Majlis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Plumpang serta didukung oleh berbagai elemen pemuda dan organisasi otonom NU seperti Gerakan Pemuda (GP) Ansor, Banser, Muslimat dan Fatayat, IPNU, IPPNU, Pemerintahan Kecamatan dan Karang Trauna Kecamatan Plumpang.

Ketua panitia acara, Moh. Anshoruddin mengatakan, bahwa acara doa untuk Palestina ini merupakan wujud nyata solidaritas warga NU bukan saja sebagai sesama muslim, namun juga sebagai solidaritas kemanusiaan yang utuh.

“Masalah Palestina memang bukan semata-mata persoalan agama, namun lebih dari itu adalah persoalan ketidakadilan kemanusiaan yang sejak lama menjadi persoalan dunia” ucap aktivis Ansor yang kerap disapa Gus Uddin itu kepada blokTuban.com, Rabu (13/12/2017).

Lanjut Gus Uddin, pihaknya menyadari bahwa sudah selayaknya sesama muslim dan sesama manusia memberikan solidaritas dan dukungan kepada warga Palestina.

Lebih Lanjut Ketua panitia menuturkan, peserta pada istighosah ini nantinya akan diikuti lebih dari 5.000 orang.
"Acara nanti diikuti oleh semua lembaga baik negeri maupun swasta," imbuhnya.

Data yang diperoleh blokTuban.com, panitia sudah mengkoordinasikan dengan lembaga negeri yaitu Kepala UPTD Kecamatan Plumpang, Syamsuri, juga lembaga swasta Ma'arif, Ketua LP Ma'arif Plumpang, Abdullah.

"Selain itu, warga NU dan Banomnya sudah diinstruksikan oleh setiap pimpinan masing-masing untuk mengikuti kegiatan istighosah ini”, pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama, sekretaris panitia Munawar, mengajak seluruh umat Islam dan warga NU khususnya yang berada di wilayah Tuban untuk ikut serta dalam agenda istighosah dan do’a bersama ini.

“Kami harap seluruh element masyarakat khususnya warga Nahdliyin mau ambil bagian dan bergabung dalam acara Doa bersama ini sebagai wujud dukungan dan solidaritas kita kepada saudara kita di Palestina” ungkapnya. [feb/rom]