KPH Tuban Tanam Pohon Bersama di BKPH Sundulan

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Pada pelaksanaan kegiatan Gerakan Serentak Perum Perhutani Divisi Regional (Divre) Jatim menanam 11,5 juta bibit di tahun 2017. Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Tuban melaksanakan penanaman pohon bersama masyarakat.

Kegiatan pelaksanaan penanaman pohon tersebut diselenggarakan oleh KPH Tuban di Petak 3, luas 7,5 Ha RPH Ngimbang, BKPH Sundulan, KPH Tuban, yang turut dihadiri oleh Polres, Kodim 0811, Forkopimka Palang, serta jajaran petugas dari seluruh pimpinan KPH Tuban.

Menurut Administratur KPH Tuban, Agus Santoso, program penanaman pohon ini dilakukan serentak di seluruh wilayah Perum sekaligus kegiatan tutup tahun 2017.

"Program ini merupakan gerakan moral untuk kepedulian segenap jajaran terhadap pentingnya keberhasilan tanaman," ujar Administratur KPH Tuban, Agus Santoso.

Masih kata Agus, pada rangkaian kegiatan ini, KPH Tuban hingga dengan Desember 2017 telah melakukan pembibitan sebanyak 415.638 bibit dengan rincian pohon Jati: 249.797 bibit dan Rimba: 165.839 bibit untuk ditanam di lahan seluas 282.4, ha.

"Penanaman pohon dilakukan dengan tumpang sari dengan harapan hasil produktifitas lahan meningkat, disamping itu kedepan kita berharap ada program Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat (PHBM)," pungkasnya.

Diketahui, dalam pelaksanaan tanam pohon ini diikuti sebanyak 250 peserta yang terdiri dari Polres, Kodim Tuban, Dinas Pertanian, BNI dan Semen Indonesia, Forkopimka Palang, serta beberaoa organisasi dan mahasiswa se-Kabupaten Tuban .[hud/rom]