Perbaikan Tanggul Avur Jambon Dianggarkan Hingga 75 Miliar

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Hujan deras yang mengguyur wilayah Tuban dan sekitarnya kemarin membuat tanggul Avur Jambon yang berada di Desa Sugiharjo, Kecamatan Tuban rusak akibat aliran air dari sungai sekitar.

Material tanggul pun terkikis hingga menyebabkan air yang seharusnya mengalir ke hilir masuk ke areal persawahan masyarakat setempat. Sawah warga pun kebanjiran.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kabupaten Tuban, Choliq Qunnasich, menyatakan akan memperbaiki tanggul Avur Jambon yang jebol akibat debit air yang meningkat.

Namun Choliq belum bisa memastikan kapan perbaikan tersebut, sebab menelan anggaran yang jumlahnya tidak sedikit. Diperkirakan perbaikan membutuhkan dana sekitar 45-75 Miliar.

"Anggaran perbaikan bisa mencapai 45-75 Miliar, memang banyak yang dibutuhkan," kata Choliq saat meninjau lokasi kemarin.

Dia kembali menegaskan waktu perbaikan belum bisa dipastikan, karena berkaitan dengan anggaran yang cukup banyak tersebut. Namun Choliq berjanji akan segera memperbaiki tanggul Avur Jambon.

"Segera ya kita perbaiki, tepatnya kapan kita belum tahu," pungkasnya.

Akibat jebolnya tanggul Avur Jambon, puluhan hektar sawah warga sekitar terendam banjir. Selain itu beberapa titik akses jalan juga juga terkendala karena luapan air avur. [nok/col]