12:00 . BST Tahap Enam, 30.820 KPM Dapat Rp300 Ribu   |   10:00 . Tertimpa Reruntuhan Besi Tower, Rumah Warga Panyuran Rusak   |   09:00 . Hipmi Dorong Pemerintah Beri Peluang Besar Pengusaha Lokal   |   08:00 . Gerindra Siap Kerahkan Kader Rebut Kemenangan Setia Negara   |   07:00 . Migrain, Apa Sih Ciri-Ciri dan Penyebabnya?   |   15:00 . Kembali Nahkodai BPC Hipmi Tuban, Prasetiya Bagus Komitmen Bimbing UMKM   |   14:00 . Blak-Blakan, Gabungnya De Anwar, dan Strategi Pemenangan Ana-Anwar   |   13:00 . BPC Hipmi Tuban Gelar Muscab ke II   |   11:00 . Pemuda Sidomulyo Mulai Prihatin Masalah Sampah   |   10:00 . Corona di Palang Tembus 52 Kasus, Semakin Banyak Warga Pakai Masker   |   07:00 . Mi Instan dan Nasi Putih, Mana yang Lebih Tinggi Kalorinya?   |   22:00 . BPPSDMP Kementerian Pertanian Kunker di BPP Rengel   |   21:00 . Jelang Penetapan Nomor Paslon, KPU Sosialisasikan Protokol Kesehatan   |   20:00 . Pasien Positif Covid-19, Terbanyak di Kecamatan Tuban   |   19:00 . Pegawai Bank Jadi Korban Begal Payudara Berulang Kali   |  
Sun, 20 September 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Saturday, 04 November 2017 07:00

Waspada! 6 Makanan Penyebab Maag Kambuh

Waspada! 6 Makanan Penyebab Maag Kambuh

Reporter: - 

blokTuban.com  - Seperti yang telah kita ketahui, maag merupakan kondisi kesehatan yang umumnya ditandai oleh nyeri  pada lambung atau usus halus. Penyebab dari penyakit inipun sangat beragam, mulai dari adanya luka pada tukak lambung, infeksi bakteri, stres, bahkan karena efek samping penggunaan obat-obatan jenis tertentu. Lalu, adalah makanan penyebab maag?

Agar maag tidak kembali kambuh dan menganggu kegiatan sehari-hari Anda, berikut Go Dok paparkan 6 makanan penyebab maag yang sebaiknya dihindari. Berikut poin lengkapnya

1. Kopi & Teh

Anda penggemar kopi dan teh? Jika iya, maka ada baiknya kurangi; atau lebih baik hindari dua jenis minuman tadi jika tidak ingin maag kambuh. Alasannya? Tidak lain karena kopi dan teh kaya akan kandungan kafein yang terbukti dapat meningkatkan produksi asam lambung. Jika sudah begitu, Anda akan mudah merasakan mual serta nyeri.

2. Buah-buahan masam

Selanjutnya, hindari konsumsi beberapa jenis buah-buahan dengan rasa masam; seperti kedondong, nanas, dan mangga. Pasalnya, sama seperti kandungan kafein pada kopi dan teh, senyawa asam yang ada dalam buah-buahan tersebut terbukti meningkatkan jumlah asam lambung. Eits, jangan salah! Selain kedondong dan kawan-kawan, semangka yang memiliki rasa manis juga sebaiknya dihindari oleh Anda yang menderita penyakit maag. Mengapa? Sebab, meskipun terasa manis, namun senyawa asam dalam semangka hampir setara jumlahnya dengan mangga. Karenanya, tidak heran jika semangka dapat memicu bahkan memperparah maag Anda.

3. Minuman bersoda

Tahukah Anda, bahwa minuman bersoda dapat meningkatkan risiko kambuhnya penyakit maag, karena kandungan senyawa asamnya yang tinggi? Tak hanya itu, efek karbonasi pada minuman jenis ini juga dapat memicu penumpukan gas di dalam lambung. Hasilnya, perut pun akan terasa begah dan tidak nyaman. Tentunya Anda tidak mau ini terjadi, kan?

4. Panganan tinggi gas

Ternyata, selain minuman dan buah-buahan yang telah disebutkan, terdapat beberapa panganan yang jika dikonsumsi juga dapat meningkatkan jumlah gas di dalam lambung. Sebut saja ubi jalar, singkong, jengkol, dan petai. Nah, serupa dengan efek karbonasi, konsumsi makanan tadi juga dapat membuat lambung terasa penuh atau kembung. Hasilnya, Anda akan rentan merasa mual.

5. Cokelat

Tenang, Anda tidak salah baca, kok! Faktanya, banyak ahli yang percaya bahwa mengonsumsi coklat secara berlebih tidak dianjurkan bagi mereka yang memiliki riwayat sakit maag. Mengapa? Sebab kandungan lemak serta kakao di dalamnya terbukti mampu merangsang produksi asam lambung secara signifikan. Mengejutkan, bukan?

6. Makanan pedas

Terakhir, pangananan yang seharusnya dihindari oleh para penderita maag adalah pangananan bercita rasa pedas. Hal ini sedikit-banyak sudah diketahui oleh orang banayak. Hanya saja, sedikit yang benar-benar memedulikannya. Nyatanya, makanan pedas dapat memicu datangnya maag lantaran senyawa capsaicin yang terkandung di dalamnya mampu meningkatkan sekresi asam lambung secara berlebih.

Nah, itu tadi 6 jenis makanan pemicu maag kambuh yang harus Anda hindari. Semoga bermanfaat!

Sumber:  https://kumparan.com/go-dok-indonesia/waspada-6-

makanan-penyebab-maag-kambuh#KtbqupVI8rO4JZWy.99

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : Maag, sakit, perut,



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Saturday, 22 August 2020 14:00

    KONGRES KEDUA AMSI

    AMSI: Brand yang Sehat Harus Tampil di Konten yang Sehat

    AMSI: Brand yang Sehat Harus Tampil di Konten yang Sehat blokTuban.com - Jakarta - Kongres Kedua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) resmi dibuka hari ini, Sabtu (22/8/2020). Kongres yang digelar secara virtual, karena berlangsung di tengah pandemi Covid-19, akan berlangsung...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more