250 Perahu Dilepas dalam Festival Perahu Hias Socorejo

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Ratusan nelayan antusias meramaikan Festival Perahu Hias di Desa Socorejo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Minggu (17/9/2017). Festival yang digelar oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Socorejo bersama PT Semen Gresik Tbk. itu, dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia dan Tasyakuran Hasil Laut Nelayan Desa Socorejo.

"Dalam festival perahu hias ini kita lepas 250 perahu hias nelayan di wilayah Desa Socorejo dan sekitarnya," tutur Kades Socorejo Arief Rahman Hakim kepada blokTuban.com, Minggu (17/9/2017).

Tujuan diselenggarakannya festival ini, untuk merajut tali persatuan antar warga masyarakat dan memberi hiburan kepada masyarakat dengan kegiatan yang positif. Selain itu juga untuk menumbuh kembangkan wisata desa.

"Kami berharap kegiatan lomba perahu hias ini bisa dijadikan potensi wisata tahunan Kabupaten Tuban," imbuh alumni Kader PMII Fakultas Syariah IAIN Jogja (UIN Jogja, saat ini).

Di sisi lain, Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Tuban, Sulistiyadi menyatakan, siap mendukung usaha desa untuk menumbuhkan potensi Desa Socorejo. Pihaknya juga berharap, pengelolaannya untuk meningkatkan destinasi wisata pedesaan.

"Tentu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban akan mensuport usaha desa untuk mewujudkan desa wisata. Harapannya pengelolaan lebih baik lagi untuk mendorong daya tarik wisatawan datang ke Socorejo," tandasnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Produksi Semen Gresik (SG), Joko Sulistyanto mengucapkan banyak terima kasih kepada Kades dan jajarannya, serta Forpimda Tuban yang sekian tahun berdampingan. Pihaknya mengklaim jika Tuban memiliki banyak potensi, salah satunya ada di Desa Ring Satu SG.

"Kalau di luar negeri itu pantainya tidak sebegitu bagus, namun pengelolaan bagus. Untuk itu, diharapkan desa mampu mengelola destinasi wisata desa ini dengan baik," pungkasnya. [rof/col]