Warga Simo Bangun Gapura dengan Galvalum

Kontributor: M. Anang Febri

blokTuban.com - Peringatan hari kemerdekaan merupakan momen yang dinanti-nanti oleh semua warga Negara Indonesia. Seperti warga RT. 07 RW. 01 Desa Simo, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban misalnya. Sejak tadi malam, Sabtu (29/7/2017)  ramai bergotong royong membangun gapura kemerdekaan, tepatnya di Jl. Krapyak Simo atau lorong gang antara Madrasah Aliyah (MA) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) Matholi’ul Falah Simo.

Jika umumnya gapura dibuat dengan bahan bangunan dari bata dan semen, gapura yang satu ini terbilang cukup unik karena menggunakan bahan galvalum pada pembuatannya.

“Kita memilih bahan galvalum untuk membuat gapura kemerdekaan ini, karena mudah dibentuk dan penggarapannya pun relatif mudah,” beber ketua RT, Sukiswo kepada blokTuban.com

Pembuatan gapura setinggi 4m dan lebar 5,5m ini tergolong mudah. Munajat, selaku pekerja mengatakan proses pembuatan dari langkah ke langkah cukup mudah.

“Pertama-tama kita mengukur lahan gapura, setelah itu warga berdiskusi untuk menentukan model dan tipe, galvalum kita potong dan tinggal rakit,” kata pria 38 tahun itu.

Gapura hasil swadaya masyarakat setempat ini diperkirakan selesai hari ini juga. “Tahap akhir kita pasang atap yang juga berasal dari jenis galva, dan melakukan pengecatan”, tambahnya.

Walaupun terik menyengat, warga tetap semangat demi hasil yang maksimal untuk memeriahkan bulan Agustus nanti. [feb/ito]