Satpol PP: Tidak Semua Gepeng Hidup Serba Kekurangan

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Tuban dikagetkan dengan temuan Gelandangan dan Pengemis (Gepeng) asal Semampir, Desa Sembungrejo, Kecamatan Merakurak. Pasalnya Gepeng berinisial SM (69), di depan rumahnya terdapat kandang berisi tiga ekor kambing.

Melihat kondisi demikian, Kepala Dinas Satpol PP Tuban, Heri Muharwanto menyebut, tidak semua Gepeng hidup serba kekurangan. Diduga, mereka (Gepeng, red) memiliki berbagai alasan untuk hidup di jalanan.

"Harapannya, semua stakeholder dapat bergerak bersama untuk meminimalisir Gepeng maupun anak jalanan di Tuban," ungkap Heri, sapaan akrabnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun blokTuban.com, nenek SM diamankan Satpol PP ketika mangkal di pertigaan Kelurahan Mondokan, Kecamatan Tuban. Menurut keterangan warga setempat, nenek Lansia ini sudah lama menjalani Gepeng.

Setelah tergaruk petugas, Gepeng tersebut langsung diantarkan pulang ke kediamannya. Menurut Heri, awalnya dia sempat menolak, namun berkat penjelasan dari petugas akhirnya bersedia dipulangkan.

"Nenek SM saat didatangi petugas awalnya menolak untuk dipulangkan. Setelah diberi pengertian dan penjelasan akhirnya bersedia dengan sukarela," imbuhnya.

Diketahui, penertiban seperti ini rutin dilakukan Satpol PP bersama Dinas Sosial. Ditegaskan Heri, pihaknya tetap mengedepankan cara humanis dalam penertiban Gepeng maupun anak jalanan di Bumi Wali. "Hal itu merupakan pendekatan yang dilakukan petugas selama ini," tutupnya. [rof/rom]