Garam Grosok Langka, Harga Naik Drastis

Reporter: Moch. Sudarsono

blokTuban.com - Langkanya pasokan garam grosok di pasaran membuat harga bahan dengan rasa asin tersebut naik.

Kelangkaan yang sudah terjadi selama dua bulan terakhir ini, membuat harga garam di pasaran melonjak drastis. Seperti di Pasar Baru Tuban. Namun meski demikian, garam masih susah untuk didapat.

Seorang pedagang, Jumari (50) mengatakan, kelangkaan garam grosok atau biasa disebut garam agal ini memang terjadi belakangan ini. Garam susah diperoleh meski harganya sudah mengalami kenaikan.

"Harganya naik, dulu hanya 2 ribu sekarang bisa mencapai 5 ribu," kata pedagang asal Desa Bejagung, Kecamatan Semanding itu kepada blokTuban.com, Rabu (12/7/2017).

Dia mengaku, saat ini di toko miliknya yang ada di dalam pasar tersebut sudah jarang mendapat kiriman garam grosok, dan lebih tersedia garam pabrik yang sudah dalam bentuk kemasan.

"Garam grosok sekarang susah didapat, sudah mulai langka," jelasnya.

Sementara itu, pedagang garam lain, Laeka (40) juga mengatakan hal senada. Stok garam grosok memang mengalami kelangkaan sehingga mempengaruhi harga jual. "Harga garam grosok sekarang naik, dari 2 ribu sekarang bisa mencapai 5 ribu untuk per kilogramnya," pungkasnya. [nok/rom]