15:00 . Bawaslu dan KPU Akui Kampanye Virtual di Pilkada Tuban Nihil   |   12:00 . Bupati Resmikan Pasar Rakyat di Kenduruan   |   11:00 . 1.500 Kader NU Apel Siaga Pilkada Damai   |   09:00 . Kebakaran Kios Kopi di Semanding Berawal dari Sebotol Bensin   |   07:00 . 6 Cara Sederhana Mencegah Anak Stres karena PJJ   |   19:00 . Musim Penghujan, Harga Cabai Meroket   |   16:00 . Kesetrum, Warga Guwoterus Jatuh dari Pohon   |   15:00 . Penerimaan PBB-P2 2020 Lampui Target   |   14:00 . DIPA Tuban 2021 Sebesar Rp303 Miliar, TKDD Rp1,6 Triliun   |   13:00 . Kapolres Sebut Pria Meningalnya Tanpa Busana di Hotel Tuban Punya Riwayat Sakit Jantung   |   12:00 . Lapas Tuban Dikunjungi TPN Kemenpan RB   |   11:00 . Apel Pengamanan Pilkada, Polres dan Kodim Tuban Kerahkan Hampir 1000 Personel   |   08:00 . Mengintip Kerajinan Pelapah Pisang   |   07:00 . Membangun "Chemistry" Kuat dengan Percakapan Sederhana   |   19:00 . Begini Harapan Kades, Setelah Ganjar Pranowo Datangi Makam Sunan Bejagung   |  
Wed, 02 December 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Monday, 19 June 2017 09:00

Mi Instan Impor Mengandung Babi

Di Mini Market Jatirogo Belum Ada Perintah Penarikan

Di Mini Market Jatirogo Belum Ada Perintah Penarikan

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Empat jenis mi instan instan asal Korea dinyatakan Badan Pengawas Obat Dan Makanan (BPOM) mengandung babi. Untuk itu, importir yang bersangkutan diminta untuk segera menarik produk tersebut dari pasaran.

Berdasarakan surat perintan BPOM, Nomor IN.08.04.532.06.17.2432 tertanggal 15 Juni 2017. Keempat produk yang mengandung Babi tersebut dan harus ditarik antara lain, Mi Instan U-Dong dengan nama dagang Samyang, Mi Instan (Shin Ramyun Black) dengan nama dagang Nongshim, Mi Instan Rasa Kimchi dengan nama dagang Samyang, dan Mi Instan (Yeul Ramen) dengan nama dagang Ottogi. Keempat produk mi instan tersebut diimpor oleh PT Koin Bumi.

"Di Indomaret belum ada perintah penarikan," ujar seorang kepala minimarket yang berada di Kecamatan Jatirogo, Aprin saat ditemui blokTuban.com, Senin (19/6/2017).

Belum adanya intruksi penarikan produk mi instan impor tersebut, sebab mi Samyang yang dipasrkan bukan dari suplayer yang dimaksud. Sehingga, hingga pagi ini, Senin (19/6/2017) mi instan impor tersebut masih dipajang di rak belanja.

"Dari atasan yang ditarik khusus dari PT Koin Bumi, kalau ini dari Sukanda Jaya," tandas Aprin.

Ditambahkan karyawan dengan baju dominan warna biru itu, di toko reguler seperti yang ia kolala tidak ada jenis yang dimaksud BPOM. Pihaknya menegaskan, yang harus diperiksa adalah toko convi atau fresh.

Bukan hanya di Indomaret, di toko lain seperti Alfamart yang dikunjungi wartawan media ini juga belum ada perintah untuk penarikan produk mi instan impor tersebut.

"Sampai hari ini belum ada perintah dari pusat terkait penarikan produk mi instan yang mengandung babi itu," ucap Asisten Alfamart di Jalan Raya Timur Jatirogo, Muwafiq.

Ia juga mengaku, jika beberapa bulan lalu sudah pernah ada penarikan produk mi instan jenis Nongshim. Untuk itu, jika memang ada perintah dari pusat pasti akan segera dilakukan penarikan produk yang dimaksud BPOM.

"Kalau belum ada intruksi belum berani, jadi masih menunggu," pungkasnya.

Sesuai berita yang dilansir beberapa media Nasional, BPOM sudah meminta Balai POM di seluruh Indonesia untuk melakukan pemantauan dan penarikan produk dari peredaran apabila masih ditemukan di pasaran. Target pemantauan meliputi importir, distributor, toko, supermarket, hipermarket, pasar tradisional, atau sarana distribusi ritel produk pangan lainnya. [rof/ito]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : mi, korea, samyang, koin bumi, tuban, jatirogo



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Thursday, 26 November 2020 14:00

    Selamat, Kak Bibin Resmi Lepas Lajang

    Selamat, Kak Bibin Resmi Lepas Lajang Momen bahagia kembali dirasakan Keluarga besar Blok Media Group (BMG). Personil dari Blok Multimedia (anak perusahaan BMG), M. Tholibin resmi melepas masa lajangnya setelah menyunting pujaan hatinya, Siti Muza'roah....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more