19:00 . Meski Harga Cabai Melonjak, Pemilik Warung Makan ini Tetap Patok Harga Normal   |   18:00 . Sederet Penerima Hibah Rp7,175 Miliar APBD Tuban tahun 2021   |   17:00 . Cerita Penyintas Covid-19: Rutin Donor Plasma Membuat Tubuh Semakin Sehat   |   16:00 . Pameran Virtual Bulan Maret Diikuti Pelukis dari Tapin Hingga Jambi   |   13:00 . Harga Cabai Melambung, Cabai Busuk Kering di Tuban Dijual Rp50 Ribu Perkilogra   |   12:00 . Setelah Nakes, Ulama jadi Prioritas Vaksinasi   |   07:00 . Selain Bau Mulut, Waspada 3 Masalah Kesehatan Ini Jika Malas Menyikat Gigi   |   19:00 . Kasat Sabhara Polres Tuban Cukur Anggota Berambut Panjang   |   16:00 . Resmikan Kantor MWC NU Kecamatan Soko, Ini Harapan Wabup Tuban   |   13:00 . Harga Gabah Turun, Diskoperindag Tuban Minta Petani Manfaatkan Resi Gudang   |   12:00 . Toleransi Keagamaan di Tuban jadi Miniatur Indonesia   |   07:00 . Awas, Kurang Paparan Lingkungan Hijau Tingkatkan Risiko ADHD pada Anak   |   17:00 . Satu Tahun Covid-19, Tuban Zona Orange, Lamongan dan Bojonegoro Zona Kuning   |   16:00 . Peluang Usaha, Kafe Bukit Teduh Sajikan Panorama Indah   |   15:00 . Kios Milik Warga Grabagan Ludes Dilalap Jago Merah   |  
Fri, 05 March 2021
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Mi Instan Impor Mengandung Babi

Di Mini Market Jatirogo Belum Ada Perintah Penarikan

bloktuban.com | Monday, 19 June 2017 09:00

Di Mini Market Jatirogo Belum Ada Perintah Penarikan

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Empat jenis mi instan instan asal Korea dinyatakan Badan Pengawas Obat Dan Makanan (BPOM) mengandung babi. Untuk itu, importir yang bersangkutan diminta untuk segera menarik produk tersebut dari pasaran.

Berdasarakan surat perintan BPOM, Nomor IN.08.04.532.06.17.2432 tertanggal 15 Juni 2017. Keempat produk yang mengandung Babi tersebut dan harus ditarik antara lain, Mi Instan U-Dong dengan nama dagang Samyang, Mi Instan (Shin Ramyun Black) dengan nama dagang Nongshim, Mi Instan Rasa Kimchi dengan nama dagang Samyang, dan Mi Instan (Yeul Ramen) dengan nama dagang Ottogi. Keempat produk mi instan tersebut diimpor oleh PT Koin Bumi.

"Di Indomaret belum ada perintah penarikan," ujar seorang kepala minimarket yang berada di Kecamatan Jatirogo, Aprin saat ditemui blokTuban.com, Senin (19/6/2017).

Belum adanya intruksi penarikan produk mi instan impor tersebut, sebab mi Samyang yang dipasrkan bukan dari suplayer yang dimaksud. Sehingga, hingga pagi ini, Senin (19/6/2017) mi instan impor tersebut masih dipajang di rak belanja.

"Dari atasan yang ditarik khusus dari PT Koin Bumi, kalau ini dari Sukanda Jaya," tandas Aprin.

Ditambahkan karyawan dengan baju dominan warna biru itu, di toko reguler seperti yang ia kolala tidak ada jenis yang dimaksud BPOM. Pihaknya menegaskan, yang harus diperiksa adalah toko convi atau fresh.

Bukan hanya di Indomaret, di toko lain seperti Alfamart yang dikunjungi wartawan media ini juga belum ada perintah untuk penarikan produk mi instan impor tersebut.

"Sampai hari ini belum ada perintah dari pusat terkait penarikan produk mi instan yang mengandung babi itu," ucap Asisten Alfamart di Jalan Raya Timur Jatirogo, Muwafiq.

Ia juga mengaku, jika beberapa bulan lalu sudah pernah ada penarikan produk mi instan jenis Nongshim. Untuk itu, jika memang ada perintah dari pusat pasti akan segera dilakukan penarikan produk yang dimaksud BPOM.

"Kalau belum ada intruksi belum berani, jadi masih menunggu," pungkasnya.

Sesuai berita yang dilansir beberapa media Nasional, BPOM sudah meminta Balai POM di seluruh Indonesia untuk melakukan pemantauan dan penarikan produk dari peredaran apabila masih ditemukan di pasaran. Target pemantauan meliputi importir, distributor, toko, supermarket, hipermarket, pasar tradisional, atau sarana distribusi ritel produk pangan lainnya. [rof/ito]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : mi, korea, samyang, koin bumi, tuban, jatirogo



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Wednesday, 30 December 2020 17:00

    Cangkruk Mathuk Bersama EMCL

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara Pasca dilaksankan Cangkruk Mathuk dalam jaringan (daring) yang digelar operator Lapangan Banyuurip, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bersama para wartawan 3 Kabupaten pada Rabu (25/11/2020), dilanjutkan dengan lomba essay dan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more