Jalan Alternatif Bulu-Jatirogo Maksimal Bus Tiga Perempat
Reporter: Mochamad Nur Rofiq
 
blokTuban.com - Pada musim mudik Lebaran 2017 ini Polres Tuban berencana menggunakan jalur alternatif Tuban selatan. Hal itu jadi pilihan petugas lantaran di Jalur Pantai Utara (Pantura) Tuban diprediksi rawan macet.
 
"Kami akan berusaha urai kemacetan di jalur Pantura saat mudik, dengan pemanfaatan jalur alternatif," ujar Kapolres Tuban, AKBP Fadly Samad kepada blokTuban.com, Minggu (18/6/2017).
 
Menurut dia, seperti tahun-tahun sebelumnya, mendekati Lebaran diprediksi volume kendaraan yang melintas di jalur Pantura akan meningkat. Belum lagi, terdapat beberapa titik jalan Nasional ini yang mengalami perbaikan. 
 
Sementara Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas Perhubungan (UPT-Dishub) di Kecamatan Jatirogo, Patah menjelaskan, dijalur alternatif Bulu-Jatirogo siap dilalui para pemudik. Namun pengguna jalan, agar ekstra hati-hati sebab di beberapa spot terdapat lubang yang membahayakan diri.
 
"Kalau dari pantauan kami ada sekitar 3 kilometer jalan rusak. Namun posisinya tidak semua, artinya hanya di sebagia titik jalan saja," jelas Patah saat ditemui di kantornya yang berada di komplek terminal Jatirogo.
 
Mantan staf Dishub Kabupaten Tuban itu menambahkan, untuk kendaraan yang bisa melewati jalur Bulu-Jatirogo, maksimal bus tiga perempat. Sebab kondisi jalan sangat sempit dan banyak tikungan. Jika kendaraan besar tetap memaksa, cukup berbahaya dan tonasenya melebihi beban jalan.
 
"Bus besar tidak bisa, karena ada portal. Selain itu juga demi keselamatan pengguna jalan lainnya," pungkas Patah menandaskan.[rof/col]