Polsek Rengel Razia Kendaraan Jelang Lebaran

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Jajaran Polsek Rengel merazia kendaraan umum menjelang lebaran, Rabu (14/6/2017). Razia digelar utamanya terhadap kendaraan plat kuning untuk penumpang umum.

Razia dilakukan guna memastikan kondisi fisik dan kelengkapan kendaraan umum. Bertempat di depan Mapolsek Rengel pengecekkan meliputi surat-surat kelengkapan kendaraan serta kondisi kendaraan seperti rem, lampu dan klakson.

"Hasilnya, secara umum kendaraan  telah memenuhi kelaikan jalan namun ada beberapa kendaraan yang perlu perbaikan," kata Kapolsek Rengel, AKP Musa Bakhtiar.

Pada kegiatan tersebut, lanjutnya turut dilibatkan petugas medis dari Puskesmas Rengel. Mereka memeriksa kondisi kesehatan para sopir, memberikan obat serta vitamin secara cuma-cuma.

Mantan Kasat Lantas Polres Sumenep tersebut menjelaskan, rangkaian kegiatan tersebut dilaksanakan untuk antisipasi keamanan. Para sopir angkutan umum juga mendapatkan pembekalan agar patuh terhadap peraturan dan rambu-rambu lalu lintas.

Kebiasaan angkutan yang melayani masyarakat desa ini menjelang lebaran bekerja nonstop kejar setoran, sehingga perlu dicek kesehatan pengemudi dan kelayakan kendaraannya. "Ini adalah langkah antisipasi dari kami untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas karena human error jelang arus mudik," ungkapnya.

Sementara itu, Suprapto salah satu sopir dari Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban mengaku bermanfaat adanya kegiatan ini. Terutama setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan diketahui tekanan darahnya rendah.

"Saya selaku sopir sangat senang dengan adanya kegiatan ini, tadi ditensi hanya 90, sekarang sudah diberi obat serta vitamin dan perlu menjaga istirahat," ungkapnya.[dwi/col]