Meski Hujan, Puluhan Grup Tongklek Tetap Semangat Berlomba

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Hujan gerimis tidak mengurangi kemeriahan festival 'Tongklek' yang digelar Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama-Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPNU-IPPNU) Kabupaten Tuban, Rabu (14/6/2017) malam. Puluhan peserta dari berbagi daerah di Bumi Wali itu, akan merebutkan piala dan uang pembinaan.

Acara yang sudah berjalan selama 11 tahun tersebut, semakin tahun semakin diminati. Hal itu terbukti dengan penuhnya jalan-jalan yang akan dilalui 50 kelompok atau regu tongklek yang berlangsung usai shalat Tarawih itu.

Dari informasi yang dihimpun blokTuban.com menyebutkan, para pemain musik yang identik digunakan bangunkan orang sahur itu, akan melewati beberapa jalur protokol kota Tuban. Oleh penyelenggara, rute yang diambil panitia tahun ini, pemberangkatan mulai dari alun-alun Tuban.

Kemudian, peserta berjalan menyusuri Jalan (Jl) RM Suryo menuju Jl. Veteran. Setelah itu, peserta belok ke arah barat atau ke Jl. Basuki Rahmad selanjutnya belok ke utara menuju Jalan Pemuda. Peserta akan mengambil finish di kantor PC NU Tuban di Jalan Diponegoro.

"Untuk menjamin keamanan, kita sudah meminta bantuan pengamanan dari jajaran Polsek Tuban Kota dan Polres Tuban," ungkap ketua PC IPNU Kabupaten Tuban, Sitrisno ketika dikonfirmasi blokTuban.com, Rabu (14/6/2017) malam di alun-alun Tuban.

Selain meminta bantuan Polri, alumni STITMA Tuban itu mengaku juga meminta bantuan pasukan elit Gerakan Pemuda Ansor yang akrab disebut Banser. Ketua PC IPNU Tuban periode 2016-2018 itu, berharap kondisi di lapangan landai-landai saja, tanpa ada halang rintang.

"Selain Polri dan Banser, kita juga dibantu pasukan keamanan Pagar Nusa dan CBP IPNU Tuban," kata pelajar NU asal Widang Tuban itu.

Sementara, ketua DPRD Kabupaten Tuban, Miyadi dalam sambutannya menyatakan dukungan atas terselenggaranya festival yang merebutkan uang pembinaan, tropi, dan piala IPNU-IPPNU bergilir. Selain itu, politisi PKB berharap dapat melestrikan budaya tongklek.

"Mudah-mudahan acara berjalan lancar tanpa halangan sesuatu apapun," harap wakil rakyat itu dalam sambutannya, sebelum pemberangkatan.

Berdasarkan info yang diterima blokTuban.com dari dewan penyelenggara, Juara I akan meraih Piala bergilir dan uang pembinaan Rp2 juta. Sementara juara II akan menapat tropi dan uang pembinaan Rp1,5 juta. Sedangkan untuk juara III akan mendapat uang pembinaan Rp1 juta dan tropi. [rof/col]