Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Sudah sejak dari dulu, bahkan sudah jadi bagian dari tradisi, pengusaha Batik Tenun Gedog di Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban mengurangi jam kerja pekerjanya saat bulan Ramadan.

Salah satunya adalah pengusaha Batik Tenun Gedog milik HM. Sholeh yang berada di Dusun Gendong, Desa Margorejo, Kecamatan Kerek. Menurut penanggung jawab toko Li'atun, dari tahun ke tahun perajin batik di tempatnya bekerja diberi keringanan atau pengurangan jam kerja saat bulan Ramadan.

"Ini sudah setiap tahun, jam kerja perajin batik dikurangi," kata Li'atun kepada blokTuban.com.

Ia menjelaskan bahwa sebelumnya, jam kerja dimulai pada pukul 07.00-12.00 WIB. Lalu pukul 12.00-13.00 WIB istirahat, dan dilanjut dari pukul 13.00-16.00 WIB. "Meski jam kerja dikurangi, namun untuk gaji bulan Ramadhan ini tetap tidak ada pengurangan," sambung Li'atun.

Terpisah salah satu pengusah Batik Tenun Gedog lain Nanik, mengatakan, hal senada. Menurutnya penhurangan jam kerja saat Ramadan itu sudah menjadi kebijakan dari dulu.

"Kalau di tempat saya sudah dari dulu, dan sudah merupakan kebijakan kalau bulan puasa pulang jam 3. Karena semua perempuan jadi punya tugas masak, kalau tidak puasa jam kerja sampai jam 4," tutupnya. [hud/col]