Pemanfaatan TPA Jatirogo Kurang Maksimal, Sampah Tercecer

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Tempat Pembuangan Akhir (TPA) regional di Jatirogo, Kabupaten Tuban, hingga kini masih belum maksimal dimanfaatkan. Sebab dari jumlah enam lokal baru terisi tiga lokal. Sementara di masyarakat mesih sering ditemukan membuang sampah di sembarang tempat.

"Hingga kini masih sangat luas daya tampungnya, sebab warga juga masih kurang sadar mau membuang sampah di TPA," jelas petugas TPA Rasmani, saat ditemui blokTuban.com di lapangan, Rabu (17/5/2017).

Dijelaskan Rasmani, TPA Regional Jatirogo sudah beroperasi sejak 2005. Namun hingga kini, setiap dua kali sehari hanya ada lima kontainer dari tiga kecamatan. Tentu ini dinilai sangat kurang maksimal pemanfaatan tempat pembuangan sementara di masing-masing kecamatan.

Pihaknya berharap, melalui Pemerintah Desa setempat untuk menghidupkan masyarakat sadar sampah, agar kebersihan lingkungan dapat dicapai. Ditegaskan dia, dua puluh tahun ke depan pun, TPA di Jatirogo tidak akan penuh.

"Harapannya pemerintah desa lebih intens mengajak warganya untuk membuang sampah di TPA, agar sampah tidak tercecer," pungkasnya. [rof/rom]