PDAT Tuban Work Over Dua Sumur Lagi

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Untuk memenuhi kebutuhan minyak dalam Negeri, Perusahaan Daerah Aneka Tambang (PDAT) Tuban terus berupaya mewujudkannya. Setelah berhasil memproduksi minyak dari Sumur 19 di lapangan Gegunung Belanda (GGNB), Singgahan, Tuban, Jawa Timur kini melakukan work over dua sumur tua lainnya.

Direktur PDAT Tuban, Cucuk Dwi Sukwanto menuturkan, sambil menunggu finishing sumur 16, kini pihaknya berkonsentrasi pada sumur 10 dan 2. Sumur tua yang sebelumnya dikelola warga itu, mulai dibersihkan.

"Keduanya kini tengah dibersihkan dan diperbaiki setelah lama dikelola penambang tradisional," tutur Cucuk panggilan akrabnya.

Dijelaskan Cucuk, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban itu juga sedang proses pembersihan sumur 16 yang letaknya sebelah utara sumur 19. Hanya saja, ada sumbatan material di kedalaman 230 meter sehinga kini sedang dievaluasi.

Material yang belum diketahui bentuk dan jenisnya ini masih dipelajari tim. Harapannya sumur ini dapat produksi serupa sumur 19 sebanyak 48 liter atau belum ada satu barel. Terhitung sejak bulan Februari, Maret, dan April 2017.

"Sambil mengevaluasi sumur 16, PDAT melanjutkan pembersihan dua sumur lain," pungkasnya menandaskan. [rof/col]