Langen Tayub Semarakkan Sedekah Bumi Kumpulrejo

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Usai melakukan panen raya, warga Dusun Krasaan, Desa Kumpulrejo, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban mengadakan tradisi Sedekah Bumi di Pesareha Mbah Dewi Sri, Jumat (21/4/2017).

Acara sedekah bumi yang telah turun temurun tersebut, diselenggarakan rutin satu tahun sekali yang diharuskan pada Jumat legi. Dengan rangkaian acara, Sukuran (Bancakan) dan dilanjut dengan Gebyar Seni Langen Tayub.

Salah satu Panitia Siswanto, ia mengatakan, tradisi ini sudah menjadi rutinan setiap tahun habis panen masal, dan penyelenggaraanya dari tahun ketahun di pesarehan Mbah Dewi Sri.

"Sedekah bumi ini sudah menjadi tradisi turun temurun warga Krasaan dengan rangkaian acara bancakan dan gebyar seni langen tayub," kata Siswanto keoada blokTuban.com.

Terpisah panitia yang lain Suyono, ia mengaku adanya langen tayub dalam acara tersebut, dari cerita yang masih berkembang ada kaitanya dengan pesarehan Mbah Dewi Sri.

"Dari Cerita yang masih berkembang, memang dalam sedekah bumi ini diharuskan adanya seni langen tayub," tandasnya. [hud]