Gubernur Jatim Resmikan Tentara Masuk Desa di Plumpang

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Program Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke 98 di Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban resmi dibuka, Rabu (5/4/2017).

Pelaksanaan program Tentara Masuk Desa tahun 2017 ini, dilaksanakan pada beberapa kabupaten di Jawa Timur di antaranya Kabupaten Tuban, Jember, Trenggalek, Bangkalan dan Banyuwangi. Berlangsung di lapangan Joko Tarub Desa Sumberagung, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban agenda ini dibuka langsung oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo.

"TMMD merupakan kelanjutan panjang konsep tentang hubungan antara TNI dengan rakyat yang peduli terhadap keutuhan rakyat di Indonesia," kata Soekarwo.

Dalam pelaksanaannya, melibatkan aparat keamanan dari TNI-Polri. Sedikitnya 150 personel serta Pemerintah Kabupaten Tuban dan organisasi masyarakat turut berbaur mensukseskan kegiatan ini.

Gubernur Jawa Timur 2 periode ini menjelaskan, dulu pada tahun 19800kegiatan serupa dikenal dengan sebutan ABRI Masuk Desa atau AMD. Lantas saat ini berganti menjadi Tentara Manunggal Masuk Desa yang disingkat TMMD.

“Saya kira ini merupakan konsep yang baik sekali, antara rakyat dan TNI jadi bagian yang tak terpisahkan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dengan semangat kemanunggalan TNI dan rakyat untuk mempercepat pembangunan di daerah,” ungkapnya. [dwi/ito]